Perancangan Sistem Kendali Trayektori Pada Kapal Niaga Berbasis Fuzzy Logic

Endrianto, Egas Wahyu (2023) Perancangan Sistem Kendali Trayektori Pada Kapal Niaga Berbasis Fuzzy Logic. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000065-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000065-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada suatu kasus dimana suatu kapal yang berlayar dari satu titik ke titik yang lainnya, akan menghadapi cuaca yang dinamis baik dari segi gelombang tinggi, angin, dan juga arus laut. Hal ini dapat berdampak pada kecepatan kapal dan imbasnya juga akan menambah waktu tempuh yang akan ditempuh kapal tersebut.Dan jika waktu tempuh bertambah yang pastinya akan berpengaruh atas bahan bakar yang dikonsumsi selamu satu kali perjalanan. Dan dapat ditarik lagi jika konsumsi bahan bakar bertambah dan efisiensi akan turun juga. Hal tersebut akan menambah pengeluaran tepatnya pada biaya operasionalnya. Maka dari itu dibutuhkan upaya dengan cara merancang kendali trayektori berdasarkan pada kemampuan kapal yang disesuaikan dengan kondisi laut. Adanya trayektori yang baru sebagai lintasan referensi kapal, diharapkan kapal bisa berlayar sampai tujuan. Penelitian ini mengusulkan perancangan sistem pengendali Fuzzy Logic agar kapal dapat merespon dengan cepat pada saat terjadi kondisi gangguan laut. Kapal yang digunakan adalah kapal KM. LABOBAR dengan mode pelayaran rute Surabaya-Sorong. Terdapat tiga lintasan yang digunakan menjadi Trajectory Guidance. Penelitian dilakukan secara simulasi, dengan bantuan Software MATLAB, dan di uji pada saat rute A,B, dan C dengan gelombang berturut - turut 2,93 m, 2,17 m,1,07 m. Hasil simulasi menunjukan bahwa algoritma pengendali yang sudah dirancang mampu memenuhi standar IMO dengan nilai maximum overshoot 1,16% untuk setpoint 10 ̊ dan 2,03% untuk setpoint 20 ̊. Simulasi untuk kondisi adanya gelombang pada tiap jalurnya didapatkan error masing – masing tiap jalut berturut – turut 32,264 m, 23,731 m, dan 26,4 m.
=====================================================================================================================================
In sailing a ship from one location, to another, often faces erratic weather, and also sometimes faces quite extreme weather. So that the length of time can increase with the weather conditions it experiences. So this causes the ship's operational costs to increase. One factor that is quite important in operational costs is fuel costs.to increase fuel consumption efficiency, it is necessary to design a trajectory in the voyage. This effort can be done by designing Trajectory controls based on the ship's capabilities adapted to sea conditions. The existence of a new trajectory as a reference trajectory for ships, it is hoped that ships can sail to their destination. This research proposes the design of a Fuzzy Logic control system so that ships can respond quickly in times of sea disturbance conditions. The ship used is the KM LABOBAR with cruise mode Surabaya-Sorong route. There are three trajectories used as Trajectory Guidance. The study was conducted in simulations, with the help of MATLAB Software, and tested on routes A, B, and C with successive waves of 2.93m, 2.17m, 1.07m. The simulation results show that the control algorithm that has been designed is able to meet IMO standards with a maximum overshoot value of 1,16% ̰ for setpoint 10 ̊ and 2.03 % for setpoint 20 ̊. Simulations for wave conditions in each path obtained errors of 32,264 m, 23,731 m, and 26,4 m respectively.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Trayektori, fuzzy, kendali; Trajectory, fuzzy, control
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Egas Wahyu Endrianto
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:39
Last Modified: 10 Oct 2023 03:20
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102255

Actions (login required)

View Item View Item