Strategi Pengoptimalan Dermaga Terminal Petikemas Berbasis Simulasi: Studi Kasus Terminal Petikemas Surabaya

Sofyana, Diva Shofa (2023) Strategi Pengoptimalan Dermaga Terminal Petikemas Berbasis Simulasi: Studi Kasus Terminal Petikemas Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411940000015-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411940000015-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pelabuhan memiliki peran penting sebagai penggerak utama perekonomian negara. Pelabuhan harus selalu menjaga dan meningkatkan ketersediaan fasilitas, kapasitas, sarana dan prasarana yang memadai agar dapat melayani seluruh arus muatan dan potensinya yang akan datang. Terminal Petikemas Surabaya (TPS) menjadi salah satu terminal petikemas teramai di Pelabuhan Tanjung Perak yang melayani muatan petikemas domestik dan internasional. Jawa Timur sebagai wilayah hinterland Pelabuhan Tanjung Perak, memiliki potensi arus barang dan muatan (demand) yang menjanjikan bagi pelabuhan, begitu pula TPS. Namun, terdapat masalah pendangkalan pada area Dermaga Domestik di TPS. Pendangkalan ini disebabkan tingkat sedimentasi yang cukup tinggi, dikarenakan layout dermaga yang tegak lurus dengan arah arus laut sehingga sedimen tertinggal di area tersebut. Pendangkalan ini dapat membatasi ukuran kapal yang masuk dan berdampak pada jumlah kunjungan kapal. Oleh karena itu dilakukan simulasi diskrit dengan bantuan perangkat lunak Arena dan dilakukan selama 20 tahun dengan tujuan untuk mengetahui jumlah kapal yang dapat dilayani berdasarkan proyeksi kedalaman dermaga dan proyeksi kunjungan kapal. Hal ini yang menjadi dasar kapan perlu dilakukannya strategi/skenario yang optimal untuk meningkatkan arus kunjungan kapal berdasarkan keuntungan maksimal. Skenario dengan keuntungan tertinggi yaitu melakukan pengerukan rutin setiap tahunnya, dimulai pada tahun 2025 dan dilakukan pada Domestik 1 (skenario 3) sehingga menghasilkan jumlah kunjungan kapal domestik yang sama dengan hasil proyeksi. Penerapan skenario 3 memberikan nilai Benefit Cost Ratio (BCR) sebesar 38,14
================================================================================================================================
The port has an important role as the main driver of the country's economy. Ports must always maintain and increase the availability of adequate facilities, capacity, and infrastructure so that they can serve all cargo flows and their future potential. Surabaya Container Terminal (TPS) is one of the busiest container terminals at the Port of Tanjung Perak serving domestic and international container loads. East Java as the hinterland area of Tanjung Perak Port, has a promising potential for the flow of goods and cargo (demand) to the port, as well as TPS. However, there is a problem of siltation in the Domestic Wharf area at TPS. This silting is caused by a fairly high sedimentation rate, due to the layout of the pier which is perpendicular to the direction of the ocean currents so that sediment remains in the area. This silting can limit the size of incoming vessels and impact the number of ship calls. Therefore, a ship arrival simulation was carried out with the help of Arena software and carried out for 22 years with the aim of knowing the number of ships that can be served based on the projected dock depth and projected ship visits. This is the basis for when it is necessary to carry out an optimal strategy/scenario to increase the flow of ship visits based on maximum profit. The scenario with the highest profit is to carry out routine dredging every year, starting on 2025 on Domestik 1 area (scenario 3) which produces the same number of domestic ship visits as projected. The application of scenario 3 gives a Benefit Cost Ratio (BCR) value of 38,14

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendangkalan, Simulasi Diskrit, Benefit Cost Ratio (BCR); Siltation, Discrete Event Simulation, Benefit Cost Ratio (BCR)
Subjects: V Naval Science > VK > VK358 Marine terminals
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Diva Shofa Sofyana
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:37
Last Modified: 25 Sep 2023 08:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102284

Actions (login required)

View Item View Item