Amara, Tazkia Marsya (2023) Analisis Dampak Usulan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Menggunakan Rasio Keuangan Pada PT X (Studi Kasus: Badan Usaha Pelabuhan). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02411940000132-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 September 2025. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Hal ini tentunya merupakan keuntungan bagi Indonesia karena dapat menjadi poros maritim dunia. Salah satu aspek penting dalam dunia maritim adalah pelabuhan. Pelabuhan memiliki peran penting dalam roda perekonomian di dunia maritim. Dengan adanya pelabuhan maka perekonomian daerah di sekitarnya menjadi lebih mudah terhadap akses logistik dan transportasi. Salah satu pelabuhan di Jawa Timur memiliki peran penting tersebut. Namun, dalam kondisi nya saat ini perusahaan yang sudah berbentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP) tersebut dalam menjalankan bisnisnya mengalami penurunan kinerja yang ditunjukkan dengan menurunnya laba dalam dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan karena terdapat dua akar permasalahan, yaitu adanya pandemi Covid-19 dan pengelolaan aset yang belum maksimal. Sebagai pelabuhan besar dengan peran penting untuk perekonomian di sekitarnya, kinerja PT X sebaiknya menunjukkan trend yang positif dan mendapatkan pendapatan yang maksimal dari daerah hinterland pelabuhan yang nyatanya memang memiliki potensi yang cukup besar. Karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan usulan perancangan strategi yang dapat berdampak secara langsung terhadap kinerja keuangan perusahaan atau dalam hal ini peningatan laba. Perancangan strategi menggunakan framework dari David yang terdiri dari input stage, matching stage, dan desicion stage. Sebelum masuk ke tahap input stage perlu dilakukan identifikasi kondisi internal dan eksternal di mana dihasilkan faktor-faktor kondisi internal dan eksternal yang berjumlah sebanyak lima untuk masing-masing faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Kemudian pada tahap input stage, hasil dari IFE matrix didapatkan nilai sebesar 2,945 dan hasil dari EFE matrix didapatkan nilai sebesar 2,538. Pada tahap matching stage, didapatkan total 12 strategi alternatif yang dihasilkan dengan menggunakan metode TOWS dan IE matrix. Dari strategi-strategi alternatif tersebut kemudian dilakukan penentuan pada tahap desicion stage dengan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), sehingga dihasilkan strategi berupa “Meningkatkan investasi dalam infrastruktur pelabuhan dengan melakukan pengembangan fasilitas untuk menambah kapasitas & mengakomodir demand”. Dari strategi tersebut kemudian dilakukan analisis dampaknya terhadap kinerja keuangan dengan melakukan proyeksi laporan keuangan untuk kondisi sebelum dan sesudah adanya strategi. Dari hasil proyeksi tersebut kemudian dilakukan perhitungan rasio keuangan dan melalui rasio keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi usulan dapat memberikan dampak yang relatif positif terhadap kinerja kuangan PT X.
============================================================
=========================================================================
Indonesia is the biggest archipelago country in the world. This is certainly an advantage for Indonesia because it can become the world's maritime axis. One important aspect in the maritime world is the port. Ports have an important role in the wheels of the economy in the maritime world. With the existence of a port, the economy of the surrounding area becomes easier to access logistics and transportation. One of the port companies in East Java has this important role. However, in its current condition, the company which has been in the form of a Port Business Entity (BUP) in running its business has experienced a decline in performance as indicated by declining profits in the last two years due to its inability to take advantage of its strengths and opportunities. As a large port with an important role for the surrounding economy, PT X's performance should show a positive trend and obtain maximum revenue from the hinterland area of the port which in fact has considerable potential. Therefore, this research was conducted with the aim of providing a strategy design proposal that could have a direct impact on the company's financial performance or in this case an increase in profits. The strategy design uses David's framework which consists of the input stage, matching stage, and decision stage. Before entering the input stage, it is necessary to identify internal and external conditions where five internal and external condition factors are produced for each of the strengths, weaknesses, opportunities and threats. Then at the input stage, the results of the IFE matrix obtained a value of 2.945 and the results of the EFE matrix obtained a value of 2.538. At the matching stage, a total of 12 alternative strategies were obtained using the TOWS and IE matrix methods. From these alternative strategies, a determination was made at the decision stage using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM), so that a strategy was produced in the form of "Increasing investment in port infrastructure by developing facilities to increase capacity & accommodate demand". From this strategy, an analysis of its impact on financial performance is then carried out by projecting financial reports for conditions before and after the existence of the strategy. From the projection results, financial ratios are then calculated and through these financial ratios it can be concluded that the proposed strategy can have a relatively positive impact on PT X's financial performance.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BUP, Perancangan Strategi, QSPM, Rasio Keuangan, Laporan Keuangan, BUP; Strategy Design, QSPM, Financial Report, Financial Ratio |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD31 Management--Evaluation H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Tazkia Marsya Amara |
Date Deposited: | 03 Aug 2023 15:15 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 02:52 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/102350 |
Actions (login required)
View Item |