Analisis Ketersediaan Docking Space Dalam Satu Aplikasi Berbasis Web Untuk Galangan Kapal Di Wilayah Samarinda

Sartika, Dewi (2023) Analisis Ketersediaan Docking Space Dalam Satu Aplikasi Berbasis Web Untuk Galangan Kapal Di Wilayah Samarinda. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6019202004_Master Degree_Thesis.pdf] Text
6019202004_Master Degree_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri pelayaran nasional khususnya galangan kapal dapat meningkatkan kapasitas industri pelayaran nasional dalam angkutan barang dan penumpang antar pulau. Digitalisasi memungkinkan perubahan besar dalam model bisnis yang memungkinkan terciptanya perusahaan baru yang tumbuh sangat cepat. Digitalisasi dapat menciptakan pekerjaan baru menjadi lebih mudah dengan menggunakan teknologi sedemikian rupa sehingga waktu dapat digunakan seefisien mungkin. Digitalisasi telah menciptakan model bisnis yang memungkinkan konsentrasi industri teknologi yang lebih praktis daripada model bisnis tradisional.
Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, galangan kapal di Indonesia Timur khususnya di wilayah Samarinda dan Kalimantan Timur dapat meningkatkan perekonomian setempat, sehingga jadwal pengerjaan produksi kapal bangunan baru dan perbaikan kapal di galangan harus terakomodir, ditingkatkan menjadi lebih modern, Setelah dilakukan observasi pada beberapa galangan di Samarinda muncul adanya kendala di dalam pekerjaan yang dilakukan di antaranya seperti : tenaga kerja outsourcing, wilayah dan perairan tergantung pada faktor cuaca perangkat kerja yang masih menggunakan teknologi standar, dengan adanya kendala tersebut, penulis mencoba menganalisis proses ketersediaan galangan diwilayah Samarinda dengan menggunakan metode fishbone diagram tujuan dari penelitian ini dan segala kendala atau permasalahan yang dihadapi oleh galangan melalui analisis fishbone dan dari hasil penelitian ini hasil yang ingin dicapai adalah membuat aplikasi sehingga proses administrasi rapi, perbaikan dan pembuatan kapal di program dengan baik dan terjadwal, meningkatkan kapasitas galangan kapal untuk membangun kapal bangunan baru, juga termasuk perbaikan/pemeliharaan, dengan adanya bisnis berbasis aplikasi atau web dapat membantu meningkatkan bisnis, karena akan memudahkan ship owner dalam mengakses dimana galangan yang memadai yang dan terjadwal serta memiliki letak serta tempat yang sesuai dengan kondisi kapalnya tanpa banyak melakukan pelayaran yang jauh untuk mendapatkan tempat docking dengan ketidakpastian jadwal

Kata kunci: shipyard, fishbone, digitalisasi

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: shipyard, digitalization, fishbone,web desain, galangan, digitalisasi
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T174.5 Technology--Risk assessment.
T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > T Technology (General) > T57.74 Linear programming
T Technology > T Technology (General) > T57.83 Dynamic programming
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36101-(S2) Master Theses
Depositing User: Dewi Sartika
Date Deposited: 05 Aug 2023 01:46
Last Modified: 05 Aug 2023 01:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102367

Actions (login required)

View Item View Item