Desain Workstation untuk Customizer Miniatur Mobil Die-Cast Skala 1:64

Sinaga, Yosua Maslow (2023) Desain Workstation untuk Customizer Miniatur Mobil Die-Cast Skala 1:64. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311640000035-Undergraduate_Theses.pdf] Text
08311640000035-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Customizer die-cast model dalam melakukan aktivitas custom die-cast model membutuhkan sarana workstation yang dapat menunjang pekerjaannya. Aktivitas pengguna di antaranya mulai dari pengonsepan hingga proses custom die-cast model yang meliputi proses modelling dan painting. Dari data yang didapatkan tentang produk eksisting yang digunakan oleh pengguna saat ini, baik melalui data primer dan data sekunder, kebanyakan jenis sarana workstation yang digunakan adalah meja kerja yang di-set-up untuk menunjang aktivitas pengguna. Ada beberapa permasalahan yang ditemukan pada produk eksisting yang digunakan oleh pengguna saat ini, di antaranya adalah kurang fleksibel untuk digunakan beberapa pengerjaan aktivitas custom die-cast model, perlengkapan yang digunakan oleh pengguna terlihat kurang terorganisir, dan kurang sesuai untuk digunakan di ruang terbatas. Dari beberapa permasalahan tersebut, maka dibutuhkan desain sarana workstation khusus yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuan dari perancangan adalah mengangkat topik tersebut karena dari segi urgensinya, para pengguna yang berprofesi sebagai die-cast model customizer lebih membutuhkan sarana workstation tersebut agar lebih efektif dan produktif dalam melakukan pekerjaannya. Selain itu, permasalahan lainnya yang diangkat adalah pada dimensi eksisting produk yang digunakan oleh pengguna kurang sesuai untuk digunakan di ruang terbatas sehingga dibutuhkan workstation yang sesuai dengan kebutuhan ruang pengguna. Dari beberapa permasalahan tersebut, selanjutnya menentukan metodologi perancangan yang berkaitan dengan alur dan teknis perancangan. Metode pencarian data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi lapangan, wawancara, dan kuesioner kepada pengguna dan ahli terkait. Tahap selanjutnya adalah mengolah data-data tersebut dengan melakukan beberapa studi dan analisa terkait. Selanjutnya, dari proses analisis yang telah dilakukan menghasilkan konsep desain. Konsep desain yang dipilih pada perancangan ini adalah multifunction, compact, dan organized. Konsep multifunction memiliki arti produk dapat digunakan untuk beberapa jenis pekerjaan pengguna, compact memiliki arti dimensi produk optimal untuk digunakan di ruangan terbatas, dan organized memiliki arti konfigurasi produk yang sesuai dengan aktivitas pengguna dan perlengkapan yang digunakan.
============================================================
Die-cast model customizers in carrying out custom die-cast model activities require workstation that can support their work. These user activities range from making concepts to custom die-cast model processes which include modelling and painting processes. From the data obtained about existing products used by users, both through primary data and secondary data, most types of workstation used are work desks that are set-up to support user activities. There are several problems found in existing products that are used by users, including the lack of flexibility to use some custom die-cast model activities, the equipment used by users look less organized, and less suitable for use in limited spaces. From some of these problems, it is necessary to design specific workstation that suit user needs. The purpose of this project is to raise this topic because in terms of urgency, users who work as die-cast model customizers need more workstations to be more effective and productive in carrying out their work. In addition, another problem is that the existing dimensions of the product used by users are not suitable for use in confined spaces. From some of these problems, then determine the design methodology related to flow and design techniques. The data search methods used in this study were field observations, interviews, and questionnaires to related users and experts. The next stage is to process these data by conducting several related studies and analyses. Furthermore, from the analysis process that has been carried out to produce the design concepts. The design concepts chosen in this project are multifunction, compact, and organized. The concept of multifunction means that the product can be used for several types of user work, the concept of compact means that the dimensions of the product are optimal for use in limited space, and the concept of organized means that the product configuration is in accordance with user’s activities and the equipment they use.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customization, Customizer, Die-Cast Model, Workstation
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Yosua Maslow Sinaga
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:37
Last Modified: 04 Aug 2023 02:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102428

Actions (login required)

View Item View Item