Algoritma Pada Skema Panduan Renovasi Fasad Bangunan: Kawasan Komersial-Heritage Alun-alun Contong Surabaya

Garudea, Garudea (2023) Algoritma Pada Skema Panduan Renovasi Fasad Bangunan: Kawasan Komersial-Heritage Alun-alun Contong Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6013211039-Master_Thesis.pdf] Text
6013211039-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memiliki perkembangan pembangunan yang sangat masif namun kegiatan konservasi arsitektur bersejarahnya dan aturannya berkebalikan. Hal ini dikarenakan produk yang telah ada kerap kali bersifat general sehingga tidak bisa merespon jumlah dan ragam kondisi bangunan bersejarah. Terlebih, metode konservasi bersifat subjektif sehingga kekayaan datanya bergantung pada diri konservatornya.

Penelitian ini akan melibatkan bangunan-bangunan di koridor Jalan Kramat Gantung, Alun-alun Contong Surabaya. Kawasan ini sendiri merupakan Kampung Keraton yang kini hampir semua bangunan di kawasan ini berfungsi sebagai bangunan komersil dengan tampilan beragam dari gaya Hindia Belanda dan dominasi gaya kontemporer. Untuk bisa mengembalikan menjadi tampilan kawasan bernuansa lama, maka setiap bangunan harus dikembalikan bergaya lampau. Namun dengan jumlah bangunan yang ratusan, mendesain satu per satu membutuhkan waktu dan usaha lebih. Sehingga, dibutuhkan sebuah sistem algoritma agar praktis dapat mendesain setiap bangunan sekaligus.

Berorientasi pada objek penelitian, setiap bangunan di Jalan Kramat Gantung Alun-alun Contong ini didata dan dikaji berdasar tipilogi elemen pembentuk fasadnya. Dari klasifikasi tadi, komparasi studi arsip akan menghasilkan identifikasi elemen fasad yang merupakan nilai lokalitas sebagai hal yang harus dikonservasi. Asesmen dan identifikasi tersebut akan menjadi pertimbangan kebijakan konservasi dalam penelitian ini. Untuk memperbanyak alternatif desain elemen fasad yang bergaya nilai sejarah, digunakan studi shape grammar. Pada bagian akhir, database ini disusun kembali sehingga membentuk sistem algoritma yang memperlihatkan langkah-langkah terstruktur.

Proses penelitian ini merupakan ekperimen pada metode konservasi dengan pendekatan algoritma sekaligus menghasilkan luaran yang berupa skema algoritma. Dengan melibatkan mekanisme analisis tipologi arsitektur dan shape grammar, luaran ini dapat menjadi usaha minimum dalam konservasi yang melibatkan unsur fisik bangunan saja. Lebih lanjut, skema yang dihasilkan dapat langsung digunakan oleh pemilik bangunan yang ada di lokasi sebagai panduan merenovasi atau membuat bangunan baru. Namun, skema ini juga dapat menjadi dasar dalam pengembangan lanjutan berupa aplikasi ataupun dasar artificial intelligence (AI) yang memiliki banyak infromasi atau data dan memberikan contoh bahwa arsitek dapat turut serta berperan menjadi perancang dalam sebuah sistem algoritma.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konservasi Arsitektur, Skema Algoritma Arsitektur, Shape Grammar, Tipologi Arsitektur, Architectural Algorithm Schematic, Architectural Conservation, Architectural Typology , Shape Grammar
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2728 Architectural design--Data processing
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: garudea garudea
Date Deposited: 07 Aug 2023 00:43
Last Modified: 07 Aug 2023 00:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102438

Actions (login required)

View Item View Item