Kontrol Ruang Pada Rumah Kos Terkait Kebutuhan Studi Mahasiswa Arsitektur

Narida, Tisya Surya (2023) Kontrol Ruang Pada Rumah Kos Terkait Kebutuhan Studi Mahasiswa Arsitektur. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6013211027-Master_Thesis.pdf] Text
6013211027-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (45MB) | Request a copy

Abstract

Rumah merupakan salah satu produk arsitektur yang paling dekat dengan penggunanya terutama pada kontrol maksimal untuk penggunaan ruang. Berbeda dengan rumah tinggal yang biasanya permanen, rumah kos adalah hunian temporal salah satunya bagi mahasiswa sebagai pengganti di lingkungan baru ketika ia jauh dari rumah. Rumah kos berfungsi untuk menjamin keberlangsungan aktivitas sehari-hari, dalam hal ini sebagai tempat istirahat sekaligus tempat belajar. Mahasiswa memiliki gaya belajar tertentu terkait program studi masing-masing. Bagi mahasiswa arsitektur, kecenderungan gaya belajar multimodal yang diterapkan pada studio arsitektur berbasis simulasi dan proyek. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa arsitektur untuk melihat bagaimana rumah kos digunakan dengan fungsi khusus yang harus dipenuhi. Karena rumah kos dihuni oleh banyak orang dengan latar belakang berbeda, control theory menjadi dasar penelitian untuk fokus pada bagaimana ruang dalam rumah kos dikendalikan oleh penghuni. Metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi digunakan dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan testing legitimasi. Temuan menunjukkan bahwa rumah kos, sebagai sarana ekspansi pembelajaran studio paling dominan, digunakan oleh mahasiswa arsitektur paling banyak pada tahap eksekusi desain. Dalam beraktivitas, penghuni melakukan kontrol ruang pada rumah kos. Ruang bersama berupa ruang multifungsi memiliki peran sebagai sarana penunjang aktivitas studi mahasiswa arsitektur. Pada waktu tertentu, mengokupansi ruang multifungsi berpotensi menimbulkan pelanggaran teritori seperti invasi akibat kegiatan by laptop dan kegiatan membuat maket primer, serta kontaminasi akibat kegiatan membuat maket sekunder. Metode pembelajaran multimodal, karena memakai lebih dari satu strategi dalam belajar, memerlukan privasi lebih dibandingkan pembelajar unimodal. Dalam mengatasi gangguan privasi visual, mahasiswa memberikan perlakuan khusus pada atribut ruang. Dalam mengatasi gangguan privasi suara, perlakuan yang diberikan bukan pada ruang namun pada diri sendiri. Meskipun penghuni memiliki kontrol maksimal atas penggunaan ruang, ada beberapa hal dari rumah kos yang dapat dioptimalkan guna menghasilkan rumah kos dengan aspek kegunaan yang efektif melalui penyediaan atribut tertentu pada rumah kos. Atribut ini diantaranya terkait dengan aspek teori kontrol seperti cluster ruang untuk memaksimalkan peran ruang sosiopetal, pertahanan teritori dalam rumah kos untuk menghindari konflik, serta memperkecil kemungkinan terjadinya gangguan privasi visual dan suara
====================================================================================================================================
House is one of the architectural products that is closest to its users, especially in terms of maximum control over the use of space. In contrast to residences which are usually permanent, boarding houses are temporary residences, one of which is for students as a substitute in a new environment when they are away from home. Boarding houses function to guarantee the continuity of daily activities, in this case as a place to rest as well as a place to study. Students have certain learning styles related to their respective study programs. For architecture students, the tendency toward multimodal learning styles is applied to simulation and project-based architecture studios. This study took a sample of architecture students to see how boarding houses were used with specific functions that had to be fulfilled. Because boarding houses are inhabited by many people with different backgrounds, control theory is the basis for research that focuses on how space in boarding houses is controlled by residents. A qualitative method with a phenomenological approach is used in this research. Data collection is done through observation, interviews, and documents. Data analysis using an interactive model. Drawing conclusions is done by testing legitimacy. The findings indicate that boarding houses, as the most dominant means of expanding studio learning, are used by architecture students mostly at the design execution stage. In their activities, residents control the space in the boarding house. The common room, in the form of a multifunctional room, has a role as a means of supporting the study activities of architecture students. At certain times, occupying a multifunctional room has the potential to cause territorial violations such as invasion due to laptop activities and primary models activities, as well as contamination due to secondary models activities. The multimodal learning method, because it uses more than one strategy in learning, requires more privacy than unimodal learners. In overcoming visual nuisance, students give special treatment to spatial attributes. In overcoming noise nuisance, the treatment given is not to space but to oneself. Even though residents have maximum control over the use of space, there are several things in a boarding house that can be optimized to produce a boarding house with an effective usability aspect. Thus, it is necessary to provide certain attributes in boarding houses related to aspects of control theory, such as cluster space to maximize the role of sociopetal space, territorial defense in boarding houses to avoid conflict, and minimize the possibility of visual and noise nuisance

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kontrol ruang, pembelajaran berbasis studio, rumah kos mahasiswa arsitektur; space control, studio based learning, architecture student boarding houses
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Tisya Surya Narida
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:14
Last Modified: 05 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102444

Actions (login required)

View Item View Item