Rancang Bangun Sistem Pengereman Sepeda Statis Dengan Elektromagnet

Saragi, Benedikto Bona Baskoro (2023) Rancang Bangun Sistem Pengereman Sepeda Statis Dengan Elektromagnet. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111940000049-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111940000049-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengereman pada sepeda yang banyak digunakan saat ini adalah tipe disc brake yang berupa piringan cakran yang akan berputar sesuai dengan kecepatan putar roda. Ketika pengereman akan dilakukan maka terdapat kaliper dan sepatu rem yang akan menjepit piringan cakram tersebut dan memperlambat laju putaran. Salah satu kelemahan dari mekanisme pengereman ini adalah panas yang dihasilkan jika digunakan secara terus menerus dan dapat menurunkan efektifitas pengereman atau bahkan menyebabkan pengereman tidak dapat berfungsi. Dari uraian diatas, maka dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan dan pembuatan serta uji coba dari rem menggunakan medan magnet. Komponen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu speed control module, kumparan kawat dan piringan besi yang digunakan untuk menghasilkan gaya pengereman dari suatu fenomena aru eddy. Spesifikasi dari komponen yang antara lain seperti kumparan kawat dengan arus DC 3A – 9A, speed module control DC 6V – 90V 15 A, dan piringan besi dengan diameter 170 mm & ketebalan 6 mm. Selanjutnya dilakukan uji coba untuk mengetahui fungsi dari mekanisme pengereman ini dengan menghitung waktu pengereman pada beberapa variasi yang telah ditentukan. Hasil yang diperoleh secara umum perbedaan waktu pengereman antar variasi arus listrik dan kecepatan adalah 1 sampai 2 detik. Jika mekanisme pengereman ini digunakan sebagai mekanisme beban kayuh untuk terapi stroke, berdasarkan perhitungan teoritis diperlukan energi kayuh sebesar 2,196 kkal/min, dimana pada orang stroke rata rata energi kayuhnya adalah 3,693 kkal/min. Energi kayuh yang diperlukan pada mekanisme yang ada ini belum memenuhi batas minimal energi kayuh untuk terapi orang stroke maka diperlukan modifikasi dan peningkatan pada komponen mekanismenya agar mekanisme pengereman dapat digunakan sebagai mekanisme beban kayuh untuk terapi stroke.
=================================================================================================================================
Braking on bicycles that are widely used today is a type of disc brake in the form of a disk that will rotate according to the rotational speed of the wheel. When braking will be done, there are calipers and brake shoes that will clamp the disc and slow down the rotation rate. One of the disadvantages of this braking mechanism is the heat generated if used continuously and can reduce the effectiveness of braking or even cause braking to malfunction. From the description above, this research will design and manufacture and test the brake but using a magnetic field. The components used in this research are speed control module, wire coil and iron disk which are used to produce braking force from an eddy aru phenomenon. The specifications of the components include a wire coil with a DC current of 3A - 9A, a speed control module DC 6V - 90V 15 A, and an iron disk with a diameter of 170 mm & a thickness of 6 mm. Furthermore, trials were carried out to determine the function of this braking mechanism by calculating the braking time in several predetermined variations. The results obtained in general the difference in braking time between variations of electric current and speed is 1 to 2 seconds. If this braking mechanism is used as a pedaling load mechanism for stroke therapy, based on theoretical calculations, the pedaling energy required is 2.196 kcal/min, where in stroke people the average pedaling energy is 3.693 kcal/min. The pedaling energy required in this existing mechanism does not meet the minimum limit of pedaling energy for stroke therapy, so modifications and improvements are needed to the mechanism components so that the braking mechanism can be used as a pedaling load mechanism for stroke therapy.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kumparan Kawat, Magnet, Rem Magnetik, Sepeda Statis, Magnetic Brake, Static Bike, Wire Coils
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Benedikto Bona Baskoro Saragi
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:11
Last Modified: 08 Dec 2023 06:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102461

Actions (login required)

View Item View Item