Perancangan Instalasi Pipa Fire Hydrant Pada Gedung Fakultas Perguruan Tinggi di Surabaya

Dewi, Meganda Mellyana (2023) Perancangan Instalasi Pipa Fire Hydrant Pada Gedung Fakultas Perguruan Tinggi di Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211910010033-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211910010033-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada bangunan gedung salah satu Fakultas Perguruan Tinggi di Surabaya terdapat instalasi fire hydrant yang digunakan sebagai sistem proteksi terhadap bencana kebakaran. Dalam instalasi fire hydrant ini perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut yaitu dari sistem open loop menjadi sistem close loop. Tujuan dilakukan pengembangan ini adalah agar jangkauan dari sistem hydrant tersebut dapat lebih luas. Mengingat pentingnya instalasi sistem proteksi kebakaran atau sistem hydrant pada suatu gedung maka pada penelitian ini penulis ingin mempelajari pentingnya melakukan perancangan ulang instalasi pipa fire hydrant yang sesuai dengan standar. Berdasarkan pengamatan lapangan dan data layout pada bangunan gedung salah satu Fakultas Perguruan Tinggi di Surabaya, dijumpai bahwa instalasi sistem perpipaan pada fire hydrant adalah open loop yang akan dilakukan pengembangan menjadi sistem close loop yang diharapkan dapat memperluas jangkauan dari sistem hydrant sendiri terutama pada bangunan gedung fakultas yang sebelumnya belum terjangkau. Sehingga perlu dilakukan perancangan ulang untuk instalasi pipanya.
Beberapa hal yang akan dilakukan dalam proses perancangan instalasi pipa fire hydrant ini meliputi: 1. Merancang instalasi pipa fire hydrant dengan posisi hydrant pillar yang sesuai dengan standar NFPA dan SNI; 2. Menghitung Head efektif instalasi pompa dengan sistem close loop pada instalasi fire hydrant baik secara analitik maupun numerik menggunakan software Pipe Flow Expert dengan fluida kerja air dan aliran di dalam pipa diasumsikan steady flow dan incompressible; 3. Memilih pompa yang tepat pada instalasi fire hydrant.
Pada perancangan instalasi pipa fire hydrant yang sesuai dengan standar NFPA dan SNI diperoleh 9 hydrant pillar dengan spesifikasi pompa dengan kapasitas sebesar 3,645 m3/menit, Head effektif 78,55 m, NPSHA 6,5 m, dan daya motor 64,42 kWatt.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fire Hydrant, standar NFPA, standar SNI, Sistem Close Loop, Head efektif, kapasitas, Pipe Flow Experts, Fire Hydrant, NFPA standard, SNI standard, Close Loop system, Effective Head, Pipe Flow Experts.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ903 Pumping machinery.
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: DEWI MEGANDA MELLYANA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:32
Last Modified: 18 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102576

Actions (login required)

View Item View Item