KAJIAN ASPEK MARKETING PADA TINGKAT PENERIMAAN E-PAYMENT PADA GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Quinn, Monica (2023) KAJIAN ASPEK MARKETING PADA TINGKAT PENERIMAAN E-PAYMENT PADA GOOGLE PLAY MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032212044-MASTER_THESIS.pdf] Text
6032212044-MASTER_THESIS.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dengan maraknya penerapan teknologi dalam berbagai aspek, sistem pembayaran semakin berkembang dan mulai berevolusi dari pembayaran manual ke pembayaran digital (E-Payment). Salah satu penggunaan E-Payment dalam Google Play yaitu platform perantara pembayaran untuk mengakses suatu aplikasi. E-Payment dapat menyelesaikan banyak permasalahan yang berkaitan dengan peredaran uang tunai. E-Payment juga memastikan fleksibilitas untuk pembelian atau pembayaran dengan nominal besar maupun kecil secara instan, serta meningkatkan keamanan dalam bertransaksi dan perlindungan terhadap berbagai bentuk penipuan maupun bentuk kejahatan lain terhadap transaksi pembayaran pada Google Play. Penerimaan akan platform pembayaran digital semakin meningkat seiring dengan berbagai kemudahan mengakses transaksi pembayaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan dari Google Play E-Payment. Untuk dapat menganalisis tingkat penerimaan Google Play E-Payment, akan digunakan sebuah model, yaitu Technology Acceptance Model (TAM). TAM merupakan model yang dikembangkan secara khusus untuk mejelaskan dan atau memprediksi tingkat penerimaan pengguna teknologi digital. Berdasarkan model TAM yang telah dibuat, Google Play mendapatkan skor dari beberapa variabel yang cukup baik. Karenanya, dalam aspek marketing bisa dikatakan cukup berhasil, meskipun masih butuh peningkatan karena skor yang didapatkan secara rata-rata masih di kisaran 2 sampai dengan 4. Diharapkan kedepannya dapat mencapai skor di atas 3 untuk keseluruhan. Karena skor yang didapatkan cukup baik, maka yang dibutuhkan yaitu meningkatkan kepercayaan terhadap produk dan intensitas pembelian agar dapat meningkatkan penerimaan Google Play E-Payment.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Digital, Google Play, Technology Acceptance Model (TAM), Transaksi.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance
H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Divisions: 61101-Magister Management Technology
Depositing User: Monica Quinn
Date Deposited: 03 Aug 2023 13:39
Last Modified: 03 Aug 2023 13:39
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102701

Actions (login required)

View Item View Item