Analisa Respon Getaran Kendaraan Listrik “MEVITS” Dengan Pemodelan Half Car Dan Kenyamanan Dengan Standar ISO 2631

Pamungkas, Haryo Tranggono Aji (2023) Analisa Respon Getaran Kendaraan Listrik “MEVITS” Dengan Pemodelan Half Car Dan Kenyamanan Dengan Standar ISO 2631. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111740000125-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111740000125-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu kemajuan dalam bidang otomotif antara lain adalah diciptakannya mobil listrik yang memiliki keunggulan efisiensi dibandingkan dengan mobil dengan mesin pembakaran dalam. Untuk faktor kenyamanan dan keamanan tentu saja sangat penting, dimana sistem suspensi adalah salah satu bagian penting untuk mendukung faktor kenyamanan dan keamanan dari suatu kendaran.
Pada penelitian ini dilakukan analisa terhadap sistem suspensi kendaraan listrik “MEVITS”. Analisa ini dilakukan secara simulasi pada software MATLAB. Simulasi dilakukan dengan menggunakan dua variasi, yaitu variasi kecepatan dimana mobil melaju di model jalan sinusoidal dengan amplitudo 1 cm dan panjang gelombang 6 m dengan kecepatan 20 km/jam, 30 km/jam dan 40 km/jam. Lalu variasi kedua, mobil dimodelkan dengan adanya tambahan beban sebesar 121 kg lalu dianalisa perbedaan nya ketika sedang dan tidak membawa beban tambahan tersebut.
Berdasarkan hasil perhitungan respon getaran sistem setengah kendaraan “MEVITS” didapat hasil terhadap variasi kecepatan. Variasi tanpa beban melalui jalan sinusoidal pada kecepatan 20 km/jam percepatan, kecepatan dan perpindahan pengemudi lebih tinggi daripada saat mengangkut beban dan ketahanan getaran selama 24 jam. Selanjutnya untuk kecepatan 30 km/jam didapatkan percepatan, kecepatan dan perpindahan pengemudi variasi tanpa beban lebih tinggi daripada saat mengangkut beban dan ketahanan getaran selama 8 hingga 16 jam. Selanjutnya untuk kecepatan 40 km/jam didapatkan percepatan, kecepatan dan perpindahan pengemudi variasi tanpa beban lebih tinggi daripada saat mengangkut beban dan ketahanan getaran selama 2,5 hingga 4 jam pada saat beban kosong dan selama 8 hingga 16 jam saat mengangkut beban.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Comfort, Vibration Response, Suspension
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haryo Tranggono Aji Pamungkas
Date Deposited: 09 Aug 2023 13:01
Last Modified: 09 Aug 2023 13:02
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102776

Actions (login required)

View Item View Item