Kinerja Asesmen Kenyamanan Termal dengan Menggunakan Kombinasi Virtual Reality dan Stimulasi Pergerakan Udara Nyata

Silmikaffa, Faradiba Zainina (2023) Kinerja Asesmen Kenyamanan Termal dengan Menggunakan Kombinasi Virtual Reality dan Stimulasi Pergerakan Udara Nyata. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6013211042-Master_Thesis.pdf] Text
6013211042-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (64MB) | Request a copy

Abstract

Kenyamanan termal merupakan kebutuhan penghuni yang perlu dipertimbangkan sejak tahap pra rancang. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa VR merupakan alat yang dapat merepresentasikan ruangan nyata untuk dilakukan evaluasi kenyamanan termal. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis penggunaan VR sebagai alat simulasi lingkungan pada evaluasi sensasi dan kenyamanan termal. Penelitian akan menguji kombinasi stimulasi visual dan stimulasi taktil. Stimulasi taktil diberikan melalui pergerakan udara dari ventilasi mekanis intake fan dalam kondisi nyata, sedangkan stimulasi visual diberikan melalui lingkungan virtual pada alat VR. Paradigma penelitian menggunakan post positivist, dengan metode eksperimental. Peneliti akan membandingkan penilaian Thermal Sensation Vote (TSV) dan Thermal Comfort Vote (TCV) dengan indeks Predicted Mean Vote (PMV) pada kondisi Indoor Environment (IE) dan Immersive Virtual Environment (IVE). Pengujian dilakukan di ruangan eksperimen (chamber) dengan memberikan perlakuan 14 variasi pergerakan udara dan tanpa pergerakan udara, berdasarkan peletakan dan luasan tertentu. Hasil menunjukkan bahwa VR dapat digunakan dalam studi evaluasi sensasi dan kenyamanan termal saat tanpa adanya stimulasi pergerakan udara (v inlet= 0 m/s). Sebaliknya, VR tidak dapat digunakan dalam studi evaluasi termal apabila stimulasi visual dan pergerakan udara dikombinasikan. Namun, pada kondisi tertentu yaitu pergerakan udara dengan kecepatan yang tinggi (v inlet= 4,5 m/s), VR dapat digunakan meskipun dalam akurasi yang lemah. Asesmen tersebut dipengaruhi oleh peletakan dan luasan ventilasi serta rangsangan visual pada alat VR yang dapat mendistraksi sensualitas dan persepsi seseorang. Oleh karena itu, diperlukan eksplorasi yang lebih detail pada penelitian berikutnya terkait akurasi alat VR dalam studi kenyamanan termal.
=================================================================================================================================
Thermal comfort is a crucial consideration for occupants and should be considered from the pre-design stage. Previous studies have shown that VR is useful for representing an actual room and evaluating thermal comfort. Therefore, this study will analyze the use of VR as an environmental simulation tool for evaluating sensation and thermal comfort. The research will test a combination of visual and tactile stimulation. Tactile stimulation will be provided through air movement from mechanical ventilation the intake fan in actual conditions, while visual stimulation will be provided through a virtual environment on a VR device. The research will use a post-positivist paradigm with experimental methods. The researcher will compare the Thermal Sensation Vote (TSV) and Thermal Comfort Vote (TCV) ratings with the Predicted Mean Vote (PMV) index in the Indoor Environment (IE) and Immersive Virtual Environment (IVE) conditions. The test will be carried out in an experimental chamber by providing treatment of 14 variations of air movement and without air movement, based on a specific placement and area. The results show that VR can be used to evaluate sensation and thermal comfort without air movement stimulation (v inlet= 0 m/s). Contrarily, VR cannot be used in thermal evaluation studies when combined with visual stimulation and air movement. However, under certain conditions, air movement at high speeds (v inlet= 4,5 m/s), VR can be used despite the weak accuracy. These results are influenced by the placement and area of ventilation also visual stimulation on VR devices, which can distract a person's sensuality and perception. Therefore, future studies should explore the accuracy of VR devices in thermal comfort studies in more detail.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kenyamanan termal, pergerakan udara, sensasi termal, air movement, thermal comfort, thermal sensation, virtual reality
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA2750.N27 Architectural design--Evaluation.
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Q Science > QC Physics > QC271 Temperature measurements
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Faradiba Zainina Silmikaffa
Date Deposited: 21 Nov 2023 03:10
Last Modified: 21 Nov 2023 03:14
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/102953

Actions (login required)

View Item View Item