Rancangan Klinik Psikologi dan Keterkaitan Hubungan Sebuah Ruangan dengan Kondisi Kejiwaan

Septianty, Adristi Ardelia (2023) Rancangan Klinik Psikologi dan Keterkaitan Hubungan Sebuah Ruangan dengan Kondisi Kejiwaan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111940000082-Undergraduate_Theses.pdf] Text
08111940000082-Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB)

Abstract

Privacy adalah sesuatu yang memiliki definisi berbeda pada setiap individunya. Namun hal tersebut harus dapat dipenuhi dalam sebuah rancangan klinik psikologi. Keadaan seseorang dalam mendefinisikan privacy nya dapat berubah-ubah tergantung kondisi dan situasi. Kenyamanan seseorang juga dapat dipengaruhi oleh banyak aspek salah satunya adalah privacy, jika seseorang tidak memiliki tingkat kenyamanan tertentu maka orang tersebut dapat merasa rasa tidak nyaman atau aman. Rancangan harus memenuhi keduanya dengan kebutuhan yang berbeda-beda pada tiap orangnya. Hubungan ruangan pada tingkat kenyamanan seseorang juga dapat berpengaruh, ruangan menaungi dan memiliki fasilitas yang sebaiknya dapat membantu orang merasakan nyaman untuk berada didalamnya bukan sebaliknya, orang dapat merasa tertekan hanya karena berada diruangan yang tidak nyaman, hal ini merupakan hal yang dihindari pada rancangan karena rancangan harus memfasilitasi kenyamanan dan keamanan pada setiap penggunanya walaupun batasan pada tiap orangnya berbeda. Hal ini juga merupakan tantangan yang dihadapi dalam mendesain yaitu menggabungkan bangunan yang memiliki sifat private dan public dalam satu lahan.
====================================================================================================================================
Privacy is defined differently by different people. However, this must be met in the psychoclinical design. Individual circumstances that define privacy may vary depending on conditions and circumstances. A person's well-being can also be affected by various aspects such as privacy. If someone does not have a certain level of comfort, they may feel uncomfortable or secure. Design should meet the different needs of each individual. The relationship between space and a person's comfort level can also have an impact. Spaces provide shelter and facilities designed to make people feel comfortable in them, not the other way around. People can feel pressure just because they are there. Designs should provide comfort and safety for each user, even if different people have different limitations, so if it's an uncomfortable space, avoid it. This is also a design challenge. This means combining buildings and private and public land within one site.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Keamanan, Kenyamanan, Privacy, Public; Convenience, Facilities, Security, Privacy, Public
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adristi Ardelia Septianty
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:08
Last Modified: 06 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103018

Actions (login required)

View Item View Item