Analisa Pengaruh Coating Cerakote V-136 Pada Piston Crown Terhadap Performa Naturally Aspirated Single Cylinder Diesel Engine

Hanuraga, Ahmad Auliya Haniif (2023) Analisa Pengaruh Coating Cerakote V-136 Pada Piston Crown Terhadap Performa Naturally Aspirated Single Cylinder Diesel Engine. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental untuk mengevaluasi dampak penerapan lapisan Cerakote V-136 pada piston crown terhadap performa mesin. Fokus utama penelitian ini adalah mengukur dan membandingkan performa mesin diesel setiap kondisi. Pada tahap pengujian, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat dan instrumen yang sesuai. Untuk mengukur konsumsi bahan bakar, data jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin selama periode waktu tertentu dikumpulkan dan dibandingkan antara mesin yang dilapisi Cerakote V-136 dan mesin standar. Selain itu, pengukuran daya dan torsi dilakukan menggunakan perangkat pengukur, dan data yang diperoleh digunakan untuk membandingkan performa kedua jenis mesin. Sementara itu, suhu coolant diukur dengan menggunakan thermocouple yang ditempatkan secara strategis pada outlet sistem pendinginan. Pengukuran suhu gas buang dilakukan menggunakan sensor yang sesuai pada sistem pembuangan mesin. Setelah pengumpulan data selesai, analisis dilakukan untuk membandingkan performa mesin dengan lapisan Cerakote V-136 dan mesin standar. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam performa mesin yang dilapisi Cerakote V-136. Ditemukan bahwa mesin dengan lapisan Cerakote V-136 memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, daya yang lebih tinggi, torsi yang lebih besar, dan suhu coolant yang lebih rendah dibandingkan dengan mesin standar. Dampak positif dari lapisan Cerakote V-136 pada piston crown dapat dijelaskan oleh sifat thermal barrier coating (TBC) yang membantu meminimalkan transfer panas dari ruang bakar ke sistem pendinginan. Hal ini menyebabkan efisiensi pembakaran yang lebih baik, penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, dan performa mesin yang lebih optimal. Namun, perlu diingat bahwa peningkatan suhu gas buang menjadi dampak negatif yang harus diperhatikan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh penerapan lapisan Cerakote V-136 pada piston crown terhadap performa mesin. Temuan ini memiliki implikasi penting dalam pengembangan teknologi mesin, khususnya dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar, daya, dan torsi. Hasil penelitian ini juga memberikan dorongan untuk penggunaan lapisan thermal barrier pada piston crown dalam upaya mengoptimalkan penggunaan energi dalam industri otomotif.
=================================================================================================================================
This research utilizes experimental methods to evaluate the impact of applying Cerakote V-136 coating on the piston crown on engine performance. The primary focus of this study is to measure and compare the performance of diesel engines under different conditions. During the testing phase, data collection is carried out using appropriate tools and instruments. To measure fuel consumption, the amount of fuel consumed by the engine over a specific period is collected and compared between engines with Cerakote V-136 coating and standard engines. Additionally, power and torque measurements are taken using calibrated devices, and the obtained data is used to compare the performance of the two types of engines. Coolant temperature is measured using strategically placed thermocouples at the cooling system outlet. Exhaust gas temperature measurements are obtained using suitable sensors in the engine's exhaust system. After data collection is completed, analysis is conducted to compare the performance of engines with Cerakote V-136 coating and standard engines. The analysis results reveal a significant improvement in the performance of engines with Cerakote V-136 coating. It is found that engines with Cerakote V-136 coating exhibit more efficient fuel consumption, higher power output, greater torque, and lower coolant temperature compared to standard engines. The positive impact of Cerakote V-136 coating on the piston crown can be attributed to the thermal barrier coating (TBC) property, which helps minimize heat transfer from the combustion chamber to the cooling system. This leads to improved combustion efficiency, enhanced fuel utilization, and optimal engine performance. However, it is important to note that the increase in exhaust gas temperature is a negative consequence that needs to be considered. Overall, this research provides a deeper understanding of the impact of applying Cerakote V-136 coating on the piston crown on engine performance. The findings have important implications for the development of engine technology, particularly in improving fuel efficiency, power, and torque. The research results also encourage the use of thermal barrier coatings on piston crowns as an effort to optimize energy utilization in the automotive industry.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mesin Diesel, Pelapisan, Perpindahan panas, Coating, Diesel Engine, Heat Transfer, Piston Crown, Thermal barrier Coating.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ254.7 Combustion chambers
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Auliya Haniif Hanuraga
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:56
Last Modified: 14 Nov 2023 08:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103072

Actions (login required)

View Item View Item