Pengaruh Panel Dinding Berbahan Sabut Kelapa Terhadap Kondisi Kelembaban Rumah Tinggal di Daerah Tropis Lembab

Supomo, Wila Prakasita Scotiswara (2023) Pengaruh Panel Dinding Berbahan Sabut Kelapa Terhadap Kondisi Kelembaban Rumah Tinggal di Daerah Tropis Lembab. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6013211044-Master_Thesis.pdf] Text
6013211044-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Di daerah tropis lembap, kenyamanan termal rumah tinggal dicapai dengan menggunakan banyak energi, seperti AC. Perlu diterapkan material organik, seperti sabut kelapa, pada dinding internal ruangan guna menyerap kelembapan berlebih sebagai solusi lain untuk mencapai kenyamanan termal yang lebih efisien. Penelitian mengenai pengendalian kelembapan dengan sabut kelapa masih terbatas pada perlakuan yang berbeda dengan ukuran yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas permukaan panel dinding berbahan dasar sabut kelapa terhadap kinerja penyerapan kelembapan ruang pada setiap ruang di rumah tinggal tipe 36.
Penelitian ini menggunakan strategi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif pada rumah tipe 36 di Kota Surabaya. Penelitian menggunakan paradigma positivisme dilakukan terhadap variabel kelembapan udara relatif ruang dan luas permukaan panel dinding. Penelitian melibatkan grup kontrol (tanpa panel dinding sabut kelapa) dan beberapa grup eksperimen (dengan panel dinding sabut kelapa dengan luas permukaan tertentu). Hasil pengukuran menunjukkan bahwa luas permukaan ruang tamu yang optimal adalah 6 m2 dengan perbandingan panel dan ruangan 10:100, pada kamar adalah 6 m2 (18:100), dan pada dapur adalah 5 m2 (24:100). Kadar air pada sabut kelapa berbeda tergantung pada kelembapan relatif dan suhu ruangan. Panel dinding sabut kelapa bekerja dengan baik pada ruangan tanpa ventilasi dan permasalahan okupansi tidak terlalu berpengaruh pada kinerjanya. Dengan penerapan luas permukaan optimal panel dinding sabut kelapa pada ruangan dengan ventilasi tertutup maka kelembapan ruangan akan dapat dikontrol dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Adsorption, coconut fiber wall panels, moisture content, relative humidity, housing Adsorpsi, kadar air, kelembapan relatif, panel dinding sabut kelapa, rumah
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Wila Prakasita Scotiswara Supomo
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:10
Last Modified: 07 Aug 2023 01:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103128

Actions (login required)

View Item View Item