Nadza, Firza Erian (2023) Pilot-Aided Dan Teknik Mikro-Law Companding Untuk Mitigasi Efek Nonlinieritas Hpa Pada Sistem OFDM. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
07111740000055-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) adalah teknik transmisi data kecepatan tinggi yang banyak dikembangkan saat ini, namun teknik ini mempunyai kelemahan yaitu pada Peak-to-Average Power Ratio (PAPR) sehingga rentan terhadap distorsi nonlinier karena pengunaan High Power Amplifier (HPA). Salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi efek nonlinieritas tersebut adalah teknik mikro-Law Companding dengan penambahan pilot untuk estimasi dan koreksi error phasa. Pada tugas akhir dilakukan penelitian, tentang seberapa besar perbaikan kinerja Bit Error Rate (BER) setelah aplikasi Pilot-Aided dan teknik mikro-Law Companding pada sistem OFDM yang terkena gangguan nonlinieritas. Tahapan dalam pelaksanaan penelitian adalah pemodelan terlebih dahulu, dengan parameter yang telah ditetapkan untuk jumlah subcarier 2018, jumlah ifft dan fftpoint: 4096 FFT, modulasi dengan 16-QAM dan k=4, dan dengan noise AWGN, jarak subcarrier 60kHz, serta jumlah simbol 100 untuk uji, dan jumlah simbol 250; 500; 1000; dan 10000 untuk analisis lebih lanjut. Selanjutnya dilakukan simulasi atas model dengan memvariasikan nilai mikro dengan 4 jumlah simbol, yaitu 250; 500; 1000 dan 10000. Hasil dari simulasi dengan variasi mikro= 1; 28; dan 255 menunjukkan performansi terbaik pada nilai mikro= 255, dan dengan jumlah simbol 10000. Besarnya perfomansi terbaik tersebut menunjukkan BER terbaik dengan hasil 3,9062. 10-7, pada saat Eb/No adalah 22 dB.
==================================================================================================================================
OFDM is a developing technique to transmit data in high speed. However, this technique has a weakness in its Peak-to-Average Power Ratio (PAPR) which makes it vulnerable to non-linear distortion due to the use of High Power Amplifier (HPA). One way to overcome the non-linearity effect is to apply the μ-Law Companding along with adding a pilot to estimate and correct the phase error. The stages in carrying out the research are modeling first, with parameters that have been set for the number of 2018 subcarriers, the number of ifft and fftpoints: 4096 FFT, modulation with 16-QAM and k=4, and with AWGN noise, 60kHz subcarrier distance, and 100 symbols for test, and the number of symbols is 250; 500; 1000; and 10000 for further analysis. Furthermore, a simulation of the model is carried out by varying the value of mikro with 4 number of symbols, namely 250; 500; 1000 and 10000. The results of the simulation with variations mikro= 1; 28 and 255 show the best performance at a value of mikro= 255, and with a number of symbols of 10000. The magnitude of the best performance shows the BER value is 3.9062. 10-7, when Eb/No is 22 dB
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mikro-Law Companding, Nonlinearitas, OFDM, PAPR, Pilot-Aided |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Firza Erian Nadza |
Date Deposited: | 04 Aug 2023 06:53 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 01:41 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/103178 |
Actions (login required)
View Item |