Hunian Vertikal dengan Konsep Healthy-Housing untuk Pekerja Korporat di Kota Jakarta

Zahwa, Feriza Zainina (2023) Hunian Vertikal dengan Konsep Healthy-Housing untuk Pekerja Korporat di Kota Jakarta. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08111940000098-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
08111940000098-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (6MB)

Abstract

Isu kepadatan penduduk yang dialami oleh masyarakat di Kota Jakarta menimbulkan permasalahan lain seperti melonjaknya harga properti, serta menurunnya kualitas lingkungan di kota ini. Oleh sebab itu, harga properti di Kota Jakarta dinilai tidak setimpal dengan kualitas lingkungan yang akan didapatkan. Sehingga, banyaknya pekerja khususnya pekerja korporat Generasi Milenial dan Gen-Z yang baru meniti karir memilih untuk menempati hunian sewaan. Keputusan tersebut menyebabkan angka backlog perumahan di Jakarta sampai saat ini belum dapat terselesaikan dengan baik. Selain itu, konteks pengguna yaitu sebagai seorang pekerja korporat sangat berperan besar dalam rancangan ini. Seperti yang kita ketahui, masyarakat pekerja korporat khususnya Generasi Milenial dan Gen-Z memiliki gaya hidup yang berdampingan dengan pekerjaannya. Untuk mewujudkan hunian vertikal yang dapat merespon konteks lokasi di Kota Jakarta dengan permasalahan kualitas lingkungan dan user pekerja korporat, rancangan ini menggunakan pendekatan rumah sehat yang mengacu pada buku Health Principles of Housing oleh WHO (World Health Organization). Pendekatan tersebut digunakan sebagai prinsip dalam menentukan eksplorasi konsep rancangan. Berdasarkan buku tersebut, rancangan perumahan dapat dikategorikan sehat apabila terdapat pecegahan terhadap penyakit menular, perlindungan terhadap cedera, keracunan, dan penyakit kronis, dapat mengurangi stress psikologis seminimal mungkin, memperbaiki lingkungan perumahan, membuat penggunaan perumahan yang terinformasi, dan melindungi populasi dari resiko khusus. Perancangan ini mengadaptasi prinsip-prinsip tersebut dalam eksplorasi tapak, bangunan dan detail sehingga rancangan dapat sepenuhnya mewadahi aktivitas sehari-hari user yang berdampingan dengan pekerjaan serta memberikan keseimbangan pada kesehatan fisik dan non-fisik user.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Balance, Density, Health, Hunian, Kepadatan, Kesehatan, Keseimbangan, Occupancy, Pekerja, Workers
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Feriza Zainina Zahwa
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:11
Last Modified: 26 Jan 2024 08:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103198

Actions (login required)

View Item View Item