Perancangan Struktur Rangka Alat Pelepas Velg Ban Pada RTG Crane Dengan Kapasitas 10 Ton (Studi Kasus Di PT. BIMA - Surabaya)

Kurniadi, Urip (2023) Perancangan Struktur Rangka Alat Pelepas Velg Ban Pada RTG Crane Dengan Kapasitas 10 Ton (Studi Kasus Di PT. BIMA - Surabaya). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211910010058-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211910010058-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Dalam mewujudkan kinerja yang baik terhadap pelayanan bongkar muat barang petikemas di terminal Nilam, PT. Pelindo bekerjasama dengan PT. BIMA dalam hal pemeliharaan (maintenance) fasilitas bongkar muat. Begitu juga dengan PT. BIMA dalam mewujudkan kinerja yang baik dalam hal maintenance tentunya menggunakan peralatan atau tools yang menunjang dalam pemeliharaan fasilitas bongkar muat. PT. BIMA banyak memiliki perlatan yang dapat menunjang kegiatan maintenance, salah satunya alat pelepas velg ban untuk RTG crane. Namun terdapat beberapa kekurangan pada alat pelepas velg ban tersebut, diantaranya menggunakan dongkrak hidrolik yang masih dipompa secara manual, dan stroke dongkrak hidrolik yang dipakai pendek sehingga membutuhkan benda tambahan untuk mencapai rangka bagian atas. Selain itu dalam penggunaan alat membutuhkan sumber daya yang banyak dan waktu yang lama. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan terhadap alat pelepas velg ban tersebut, salah satunya dengan penggunaan sistem hidrolik yaitu silinder hidrolik pada alat pelepas velg ban. Namun pada tugas akhir ini membahas perancangan struktur rangka alat saja. Tujuan dalam tugas akhir ini adalah merancang struktur rangka alat pelepas velg ban pada RTG crane dengan kapasitas 10 ton, dan mengetahui kekuatan struktur rangka dari alat tersebut. Dalam tugas akhir ini menggunakan metode studi kasus, yang mana data dikumpulkan dengan cara studi literatur dan observasi lapangan. Data yang didapatkan kemudian ditinjau dan dilakukan pengembangan serta perhitungan. Pengembangan dilakukan pada struktur rangka alat untuk tempat silinder hidrolik digunakan profil channel ukuran 150 x 75 mm dan profil hollow ukuran 100 x 100 mm digunakan sebagai rangka penopang yaitu rangka bagian bawah dan kolom. Perhitungan dilakukan untuk mengetahui kekuatan struktur rangka alat. Hasil perhitungan secara matematis didapatkan data tegangan terbesar 287,56 MPa dan safety factor 1,35, sedangkan hasil perhitungan dengan simulasi didapatkan data tegangan terbesar 283,46 MPa dan safety factor 1,38. Perbandingan data perhitungan matematis dengan simulasi didapatkan perbandingan atau error tegangan sebesar 1,42% dan safety factor 2,17%. Menurut teori ukuran kesahalan (Lewis. 1982) dengan hasil perbandingan yang terjadi dibawah 10%, maka dapat disimpulkan bahwa perhitungan sangat akurat, serta rangka alat dapat beroperasi dengan aman sesuai kapasitas perhitungan yaitu 10 ton atau 100000 N. Kata Kunci: Alat pelepas, Velg Ban, RTG Crane, 10 Ton.
======================================================================================================================================
In achieving good performance in the handling of containerized cargo services at Nilam Terminal, PT. Pelindo collaborates with PT. BIMA for the maintenance of loading and unloading facilities. PT. BIMA also ensures good performance in maintenance by utilizing supporting equipment or tools for the maintenance of loading and unloading facilities. Among the equipment available at PT. BIMA is the wheel rim removal tool for the RTG crane. However, there are some drawbacks to this wheel rim removal tool, such as the use of manually pumped hydraulic jacks and the short stroke of the hydraulic jacks, requiring additional objects to reach the upper frame. Moreover, using this tool demands significant resources and time. Therefore, the development of the wheel rim removal tool is needed, including the implementation of a hydraulic system using hydraulic cylinders in the tool. However, this research only focuses on the structural design of the tool frame. The objective of this research is to design the frame structure of the wheel rim removal tool for an RTG crane with a capacity of 10 tons and determine the structural strength of the tool. The research utilizes a case study method, where data is collected through literature study and field observation. The data obtained is then reviewed, developed, and subjected to calculations. The development involves using channel profiles with dimensions of 150 x 75 mm and hollow profiles with dimensions of 100 x 100 mm as the supporting frame for the hydraulic cylinder's placement, including the bottom frame and columns. Calculations are carried out to determine the structural strength of the tool frame. The mathematical calculation results indicate a maximum stress value of 287.56 MPa and a safety factor of 1.35, while the simulation results show a maximum stress value of 283.46 MPa and a safety factor of 1.38. The comparison between the mathematical calculation and simulation data shows an error in stress of 1.42% and a safety factor difference of 2.17%. According to the error size criterion (Lewis, 1982) where the comparison falls below 10%, it can be concluded that the calculations are highly accurate, and the tool frame can safely operate with a capacity of 10 tons or 100,000 N. Keywords: Release tool, Tire Rim, RTG Crane, 10 Tons.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alat pelepas, Velg Ban, RTG Crane, 10 Ton, Release tool, Tire Rim, RTG Crane, 10 Tons.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA169.5 Failure analysis
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.F7 Structural frames.
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ230 Machine design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4)
Depositing User: Urip Kurniadi
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:24
Last Modified: 11 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103231

Actions (login required)

View Item View Item