Penanganan Kerusakan Jalan Kota Surabaya Ditinjau Dari Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Perbandingan Metode Pci Dan Bina Marga Sebagai Perbaikan Perkerasan Lentur (Studi Kasus : Sta 0+000 – Sta 8+500 Jalan Gresik -Margomulyo)Perbandingan

Syafika, Sarah (2023) Penanganan Kerusakan Jalan Kota Surabaya Ditinjau Dari Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Perbandingan Metode Pci Dan Bina Marga Sebagai Perbaikan Perkerasan Lentur (Studi Kasus : Sta 0+000 – Sta 8+500 Jalan Gresik -Margomulyo)Perbandingan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111910010034-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10111910010034-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (43MB) | Request a copy

Abstract

Jaringan Jalan Raya merupakan prasarana transportasi darat yang memiliki fungsi sangat penting dalam perhubungan khususnya untuk distribusi barang dan jasa. Berdasarkan Undang Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004, Jalan adalah suatu prasarana transportasi yang meliputi segala bagian jalan termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. Dalam studi analisa penelitian ini yaitu menggunakan metode PCI dan Bina Marga untuk menentukan jenis kerusakan pada jalan dan nilai tingkat kerusakan ruas jalan Gresik – Margomulyo sepanjang 8,5 km dan pada ruas jalan Margomulyo A sepanjang 2,8 km, setiap segmen sepanjang 100m. Untuk menentukan tebal overlay, yaitu dengan menggunakan aplikasi IRI.Regularidad.Carreteras untuk menghitung nilai IRI pada metode Bina Marga. Hasil yang diperoleh dari metode PCI, nilai kerusakan pada jalan Gresik – Margomulyo yaitu 66 dan dikategorikan Sedang, dan ruas jalan Margomulyo A nilai kerusakannya adalah 72,52 dan dikategorikan Sedang. Pada metode Bina Marga, ruas jalan Gresik – Margomulyo dan Margomulyo A, didapatkan nilai urutan prioritas 6 dan dikategorikan sebagai pemeliharaan berkala. Metode perbaikan pemeliharaan rutin ruas jalan Gresik – Margomulyo dan Margomulyo A yang mengacu pada Bina Marga, yaitu antara lain perbaik P2 (pengaspalan), perbaikan P3 (penutupan retak), perbaikan P4 (pengisian retak), perbaikan P5 (penambalan lubang), perbaikan P6 (perataan), dan pemeliharaan berkala. Biaya estimasi total untuk perbaikan pada ruas jalan Gresik – Margomulyo dan Margomulyo A sebesar Rp14.134.084.298.
=======================================================================================================================================
The Highway Network is a land transportation infrastructure that has a very important function in transportation, especially for the distribution of goods and services. Based on the Law of the Republic of Indonesia Number 38 of 2004, a road is a transportation infrastructure that includes all parts of the road including auxiliary buildings and equipment intended for traffic, which are above ground level, below ground water level, and above water level. , except for railroads, lorry roads and cable roads. In this research analysis study, using the PCI and Bina Marga methods to determine the type of damage to the road and the value of the level of damage to the Gresik – Margomulyo road section of 8.5 km and on the Margomulyo A road section of 2.8 km, each segment is 100m long. To determine the thickness of the overlay, that is by using the IRI.Regularidad.Carreteras application to calculate the IRI value in the Highways method. The results obtained from the PCI method, the damage value on the Gresik – Margomulyo road is 66 and is categorized as Moderate, and on the Margomulyo A road section the damage value is 72.52 and is categorized as Moderate. In the Bina Marga method, the Gresik – Margomulyo and Margomulyo A roads have a priority order value of 6 and are categorized as periodic maintenance. Methods for improving the routine maintenance of the Gresik – Margomulyo and Margomulyo A roads which refer to Bina Marga, namely repairing P2 (asphalt), repairing P3 (crack closing), repairing P4 (filling cracks), repairing P5 (filling holes), repairing P6 (leveling), and periodic maintenance. The estimated total cost for repairs on the Gresik – Margomulyo and Margomulyo A roads is IDR 14,134,084,298.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Jalan, Metode PCI, Bina Marga; Bina Marga, PCI Methods, Road Damage
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA443.A7 Asphalt
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Sarah Syafika
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:43
Last Modified: 04 Sep 2023 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103256

Actions (login required)

View Item View Item