Perbandingan Desain Percepatan Konsolidasi Tanah Lempung Lunak dengan Metode Preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1B STA 8+550 - 8+743

Ramadita, Oriza Shafa (2023) Perbandingan Desain Percepatan Konsolidasi Tanah Lempung Lunak dengan Metode Preloading dan Prefabricated Vertical Drain (PVD) Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1B STA 8+550 - 8+743. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111910010025-Undergraduate Thesis for Diploma.pdf] Text
10111910010025-Undergraduate Thesis for Diploma.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Dewasa ini, setiap tahunnya selalu terjadi peningkatan jumlah kendaraan. Pembangunan Tol Serpong – Balaraja Seksi 1B ini diharapkan dapat membantu mencegah kemacetan atau hambatan lalu lintas yang disebabkan lantaran semakin banyaknya pemanfaatan lalu lintas oleh masyarakat. Pembangunan konstruksi jalan tol akan selalu terkait dengan tanah karena peranan tanah sebagai komponen penunjang beban akibat infrastruktur di atasnya. Berdasarkan hasil pengujian awal untuk STA 8+700 diketahui bahwa tanah dasar merupakan tanah lempung lunak hingga kedalaman 12 meter. Permasalahan timbul karena tanah lempung lunak memiliki daya dukung tanah yang kecil, waktu pemampatan dan konsolidasi yang lama. Agar dapat menopang beban struktur di atasnya dengan maksimal, dilakukan tindakan perbaikan tanah dasar untuk mempercepat konsolidasi tanah. Metode perbaikan tanah yang digunakan di proyek ialah kombinasi antara penggunaan Preloading dengan Prefabricated Vertical Drain (PVD). Pada lokasi yang ditinjau di lapangan, digunakan pemasangan PVD dengan pola segitiga dengan jarak 125 cm dan panjang 12 meter yang memiliki batas waktu tunggu proyek 188 hari atau 27 minggu. Dengan mempertimbangkan efisiensi waktu dan biaya, hasil analisis perhitungan pada Tugas Akhir ini menentukan bahwa desain pemasangan PVD yang paling efektif dan tepat untuk digunakan pada proyek ialah dengan nilai pengali C_h=5×C_v , pola pemasangan segitiga dan jarak antar PVD 125 cm. Penggunaan desain tersebut menyebabkan penurunan lama waktu untuk mencapai derajat konsolidasi 90% yang cukup signifikan. Pada Zona 1 (STA 8+550 s/d 8+650), waktu konsolidasi alami yang awalnya memerlukan 47 tahun menjadi hanya 14 minggu dengan hasil penurunan sebesar 0,140 pada STA 8+590 dan 0,244 m pada STA 8+625 dan untuk Zona 2 (STA 8+650 s/d 8+743) yang awal mula membutuhkan 98 tahun menjadi hanya 21 minggu dengan hasil penurunan sebesar 0,524 m pada STA 8+675 dan 0,696 m pada STA 8+715. Hasil permodelan analisis settlement dengan software PLAXIS 2D V20 menunjukkan bahwa pada Zona 1 (STA 8+550 s/d 8+650) memerlukan waktu untuk konsolidasi 90% sekitar 13 minggu dengan penurunan akhir sebesar 0,1848 m dengan nilai safety factor lereng 2,745. Total biaya material Prefabricated Vertical Drain (PVD) dan Prefabricated Horizontal Drain (PHD) yang diperlukan desain perencanaan ini ialah Rp. 368.604.612.00,-.
=================================================================================================================================
Today, every year there is always an increase in the number of vehicles. The construction of the Serpong - Balaraja Toll Road is expected to help prevent traffic jams or obstacles caused by the increasing use of traffic by the community. Serpong - Balaraja Toll Road Section 1B is a part of the Serpong - Balaraja Toll Road Development which starts from STA 5+150 to STA 9+845 which connects Pagedangan with Legok. The construction of toll roads will always be related to soil because of the soil’s role as a load supporting component due to the infrastructure build above it. Based on the initial test results for STA 8+700 it is known that the subgrade is soft clay soil to a depth of 12 meters. Problems arise because soft clay has a small soil bearing capacity, a long soil compression and consolidation time. In order to be able to support the load of the structure above it maximally, subgrade improvement measures are taken to accelerate soil consolidation. The soil improvement method used in this project is a combination of using Preloading and Prefabricated Vertical Drain (PVD). At the locations reviewed in the field, PVD installations were used in a triangular pattern with a distance of 125 cm and a length of 12 meters which had a project waiting time limit of 188 days or 27 weeks. Considering the time efficiency, the results of the calculation analysis in this final project determine that the most effective and appropriate PVD installation design for use in the project is the multiplier value C_h=5×C_v, a triangular installation pattern and a distance between PVDs of 125 cm. The use of this design results in a significant decrease in the length of time to reach the 90% degree of consolidation. In Zone 1 (STA 8+550 to 8+650), the natural consolidation time which initially required 47 years became only 14 weeks with a settlement of 0.140 at STA 8+590 and 0.244 m at STA 8+625 and for Zone 2 (STA 8+650 to 8+743) which initially required 98 years to only 21 weeks with a settlement of 0.524 m at STA 8+675 and 0.696 m at STA 8+715. The results of the settlement analysis modeling using the PLAXIS 2D V20 software show that in Zone 1 (STA 8+550 to 8+650) it takes about 13 weeks to reach a 90% degree of consolidation with a final settlement of 0.1848 m with a slope safety factor value of 2.745. The total material cost of the Prefabricated Vertical Drain (PVD) and Prefabricated Horizontal Drain (PHD) required for this planning design is Rp. 368.604.612.00,-.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konsolidasi, Preloading, Prefabricated Vertical Drain, Tanah Lempung Lunak; Consolidation, Preloading, Prefabricated Vertical Drain, Soft Clay Soil
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA455.S6 Soil (Materials of engineering and construction)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA749 Soil stabilization
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Oriza Shafa Ramadita
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:11
Last Modified: 27 Sep 2023 01:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103316

Actions (login required)

View Item View Item