Studi Numerik Pengaruh Desain Saluran Udara Terhadap Distribusi Temperatur, Kecepatan, Dan Pola Aliran Udara Pada Krde Bias Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD)

Ijlal, Tegar Fauzan (2023) Studi Numerik Pengaruh Desain Saluran Udara Terhadap Distribusi Temperatur, Kecepatan, Dan Pola Aliran Udara Pada Krde Bias Berbasis Computational Fluid Dynamics (CFD). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02111940000197-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02111940000197-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB)

Abstract

Kemacetan lalu lintas saat ini menjadi salah satu masalah di kota besar. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat tinggi dan tidak diiringi dengan penambahan fasilitas jalan. Salah satu upaya pemerintah dalam memecahkan masalah ini adalah membangun fasilitas transportasi umum, salah satunya adalah kereta api. PT. INKA (Persero) sebagai satu-satunya produsen kereta di Indonesia telah memproduksi berbagai macam kereta, salah satunya adalah Kereta Rel Diesel Elektrik Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo. Kereta ini didesain untuk melayani penduduk kota Surakarta dan sekitarnya yang hendak berpergian menggunakan pesawat. Untuk meningkatkan minat dan kenyamanan penumpang, beberapa faktor harus diperhatikan. Salah satunya adalah kenyamanan termal yang diperoleh dari sistem pengkondisian udara. Kenyamanan termal dalam kereta dapat tecapai apabila kelembapan, maupun pergerakan udara yang ideal dari lingkungannya. Penelitian dilakukan dengan metode numerik pada bagian saluran udara untuk mendapatkan hasil kenyamanan termal yang sesuai dengan standar kenyamanan termal.. Penelitian dilakukan dengan tahap studi literatur dan dilakukan perancangan dan desain saluran udara dan gerbong kereta. Kemudian dilakukan simulasi menggunakan software CFD dari tiap variasi, yang akan menghasilkan temperatur rata-rata , kecepatan rata-rata, dan aliran udara pada gerbong. Hasil penelitian ini membandingkan kenyamanan termal dari berbagai variasi desain saluran udara pada Kereta Rel Diesel Elektrik Bandar Udara Adi Soemarmo. Penelitian menunjukkan bahwa desain saluran udara dengan sudut pengarah 45 derajat merupakan yang paling optimal untuk diterapkan. Variasi tersebut menghasilkan rata-rata suhu 23,12 °C, kelembapan relatif 63,27%, dan kecepatan udara rata-rata 0,42 m/s. Temuan ini akan digunakan untuk menentukan standar kenyamanan termal yang sesuai untuk sistem kereta tersebut.
==================================================================================================================================
Traffic congestion is currently one of the problems in big cities. This is due to the very high population growth and not accompanied by additional road facilities. One of the government's efforts in solving this problem is to build public transportation facilities, one of which is the train. PT INKA (Persero) as the only train manufacturer in Indonesia has produced various kinds of trains, one of which is the Adi Soemarmo International Airport Electric Diesel Rail Train. This train is designed to serve residents of Surakarta and surrounding areas who want to travel by plane. To increase passenger interest and comfort, several factors must be considered. One of them is the thermal comfort obtained from the air conditioning system. Thermal comfort in the train can be achieved if the humidity, amupun ideal air movement of the environment. The research was conducted with numerical methods on the air duct section to obtain thermal comfort results in accordance with thermal comfort standards. The research was carried out with a literature study stage and the design and design of air ducts and train cars. Then a simulation is carried out using CFD software from each variation, which will produce average temperature, average speed, and air flow in the carriage.
This research compares the thermal comfort of various air duct design variations in the Adi Soemarmo Airport Diesel Electric Rail. The study reveals that the air duct design with a 45-degree angle is the most optimal to be implemented. This variation resulted in an average temperature of 23.12 °C, relative humidity of 63.27%, and average air velocity of 0.42 m/s. These findings will be used to determine the appropriate thermal comfort standards for the railway system.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Beban Pendinginan, CFD , KRDE BIAS, Sistem Pengkondisian Udara, Kenyamanan Termal; Cooling Load, CFD, KRDE BIAS, Air Conditioning System, Thermal Comfort
Subjects: Q Science > QC Physics > QC320 Heat transfer
T Technology > TF Railroad engineering and operation
T Technology > TH Building construction > TH7687.7 Cooling Systems and details
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4035.R4 Refrigeration and refrigerating machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL681.A5 Air conditioning (Aeronautics )
T Technology > TP Chemical technology > TP492.3 Refrigeration and refrigerating machinery
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tegar Fauzan Ijlal
Date Deposited: 21 Sep 2023 03:31
Last Modified: 21 Sep 2023 03:31
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103393

Actions (login required)

View Item View Item