Manajemen Pemeliharaan Preventif Berbasis Keandalan Peralatan Pada Stasiun Giling Pabrik Gula Selama Musim Giling

Sinaga, Ramlan Silvester (2023) Manajemen Pemeliharaan Preventif Berbasis Keandalan Peralatan Pada Stasiun Giling Pabrik Gula Selama Musim Giling. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032202045-Master_Thesis.pdf] Text
6032202045-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pabrik gula beroperasi secara make-to-stock dengan periode produksi (musim giling) yang hanya dilakukan antara bulan Mei hingga Oktober setiap tahun. Kegagalan peralatan selama periode tersebut berpotensi menyebabkan target produksi tidak tercapai, khususnya kegagalan stasiun gilingan yang menyebabkan sistem produksi berhenti karena tidak tersedianya standby-system pada objek studi. Data menunjukkan bahwa total kejadian kegagalan pada stasiun gilingan memiliki kecenderungan untuk meningkat dari tahun ke tahun selama musim giling, selaras dengan peningkatan intensitas kegagalan. Oleh karena itu, diperlukan suatu manajemen pemeliharaan preventif yang mampu meminimalkan kejadian kegagalan tersebut. Studi ini akan membahas bagaimana penentuan manajemen pemeliharaan preventif yang optimal selama musim giling. Terdapat 3 tahapan utama yaitu identifikasi parameter distribusi kerusakan, identifikasi pengaruh preventive maintenance terhadap tingkat kerusakan, dan perhitungan biaya faktor reliability. Simulasi Monte Carlo digunakan sebagai pendekatan solusi terintegrasi dalam model. Diperoleh frekuensi preventive maintenance yang optimal pada stasiun gilingan objek studi yaitu sebanyak 4 kali dengan profil rata-rata biaya sebesar Rp 2.659.124.145, meliputi kombinasi biaya corrective maintenance, preventive maintenance, dan opportunity loss. Secara keseluruhan, model berkontribusi untuk mengidentifikasi trade-off antara intensitas pemeliharaan preventif dengan dampak atas ketidakandalan peralatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: reliability, preventive maintenance, corrective maintenance, opportunity loss, monte carlo simulation
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
T Technology > TS Manufactures
T Technology > TS Manufactures > TS173 Reliability of industrial products
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Ramlan Silvester Sinaga
Date Deposited: 17 Nov 2023 06:56
Last Modified: 10 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103497

Actions (login required)

View Item View Item