Monitoring Energy Efficiency Indicator Pada Kapal Ro-Pax Dengan Rute Pelayaran Bali (Padang Bai) - Lombok (Lembar) Berbasis Data AIS (Automatic Identification System)

Widyadhana, Muhammad Raffi (2023) Monitoring Energy Efficiency Indicator Pada Kapal Ro-Pax Dengan Rute Pelayaran Bali (Padang Bai) - Lombok (Lembar) Berbasis Data AIS (Automatic Identification System). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000121_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000121_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dekarbonisasi menjadi hal yang sedang banyak digagas oleh banyak pemangku kebijakan (Pemerintah) dan Organisasi IMO. Dimana salah satu penyumbang karbon yang cukup besar adalah dari hasil pembakaran bahan bakar yang digunakan oleh ribuan kapal yang ada di dunia saat ini. Sehingga terdapat beberapa regulasi yang mengikat kapal untuk mematuhi regulasi tersebut agar kapal dapat terus melakukan pelayaran.salah satu regulasi ini adalah CII (Carbnon Intensity Indicator) yang dirilis pada akhir tahun 2021, indicator ini digunakan ntuk mengukur jumlah emisi karbon yang dihasilkan per satuan unit kerja kapal tertentu dan dapat dikategorikan menjadi lima penilaian (A,B,C,D,E). Pada tugas ini peneliti melakukan pengembagan empiris perhitungan bahan bakar kapal yang divalidasi dengan data bahan bakar yang diambil saat berlayar, pengembangan ini menggunakan metode tahanan kapal Holtrop yang nantinya tahanan kapal tersebut dapat dikonversi menjadi kebutuhan bahan bakar dan dapat dilakukan perhitungan nilai CII. Penelitian ini menggunakan dua kapal sebagai studi kasus yaitu KM. Dharma Ferry VIII dan KM. Dharma Kencana IX. Setelah dilakukan perhitungan nilai CII maka didapat nilai CII untuk KM. Dharma Ferry VII adalah 38,578 dengan nilai garis referensi 51,866 dan rating “A”, sedangkan untuk KM. Dharma Kencana IX adalah 35,922 dengan nilai garis referensi 54,109 dan rating “A”. Namun penilaian ini hanya berlaku hingga akhir tahun 2023 karena sesuai dengan regulasi yang berlaku, setiap tahun nantinya akan terdapat penurunan nilai garis referensi oleh karena itu kapal harus dapat mengurangi penggunaan bahan bakar agar terus dapat memenuhi regulasi ini. ========================================================================================================================
Decarbonization is now being initiated by many stakeholders like government even International Maritime Organization (IMO). Where one of the large carbon contributors is from combustion of fuel used by thousands of ships in the world nowadays. So that there are several regulation that bind ships to comply with these regulations so that ship can continue to sail. One of these regulations is the CII (Carbon Intensity Indicator) which released at the end of 2021 back then. This indicator is used to measure the amount of carbon emissions produced per unit of work certain ships and can be categorized into five rating (A,B,C,D,E). In this task researcher carried out an empirical development of ship fuel consumption calculations which were validated with fuel consumption data taken while sailing. This development used the Holtrop ship resistance method which later the ship’s resistance can be converted to fuel requirements and CII values can be calculated. This study case uses two ships which is KM. Dharma Ferry VIII and KM. Dharma Kencana IX. After calculating the CII Value, the CII value of KM. Dharma Ferry VIII is 38,578 with a refence line value of 51,866 and an “A” rating, while KM. Dharma Kencana IX is 35,922 with a reference line value of 54,109 and an “A” rating also. However, this assessment is only valid for the end of 2023 acording to applicable regulations, every years there will be a decrease in the value of this reference line specific of the ships, therefore ships must be able to reduce the fuel use in order to continue to comply with this regulation.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dekarbonisasi, IMO, Holtrop, CII (Carbon Intensity Indicator), Decarbonization, IMO, Holtrop, CII (Carbon Intensity Indicator)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Raffi Widyadhana
Date Deposited: 05 Aug 2023 01:51
Last Modified: 05 Aug 2023 01:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103504

Actions (login required)

View Item View Item