Wibisono, Muhammad Alif (2023) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Konstanta Pegas Transmisi CVT Terhadap Akselerasi Daya Dan Torsi Sepeda Motor Automatic 155 cc. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10211910000055_Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Continously variable transmision (CVT) merupakan transmisi yang paling umum digunakan pada banyak kendaraan roda dua saat ini karena kemudahan dalam pengoperasian dan perawatannya. Pada penelitian ini berfokus pada pengaruh variasi komponen secondary pulley spring terhadap: akselerasi, daya dan torsi. Secondary pulley spring berperan sebagai pendorong atau pemberi tekanan pada secondary sliding pulley agar v-belt tidak kehilangan gaya gesek dengan pulley. Kinerja secondary pulley dipengaruhi oleh pegas sehingga menentukan akselerasi sepeda motor. Oleh karena itu banyak produk after market yang memproduksi komponen ini dengan tujuan untuk memodifikasi atau mendapatkan akselerasi sesuai kebutuhan. Secara teori semakin besar konstanta pegas pada CVT maka akan semakin besar daya dorongnya yang mengakibatkan v-belt tidak kehilangan gaya gesek pada pully. Tetapi nilai dari konstanta pegas ini juga harus disesuaikan pada kemampuan daya yang dikeluarkan oleh mesin. Pada penelitian ini akan diuji secara eksperimen pada empat buah pegas. Yaitu: pegas k1 dengan konstanta pegas (26,9 Nm), pegas k2 dengan konstanta pegas (30,8 Nm), pegas k3 dengan konstanta pegas (34,7Nm) dan pegas k4 dengan konstanta pegas (38,2 Nm). Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil pegas K3 dengan konstanta pegas (34,7 Nm) merupakan pegas yang tepat untuk digunakan dalam perkotaan karena memiliki akselerasi 0-60 km/jam yang sangat baik yaitu 2,867 m/s^2, torsi yang paling tinggi yaitu 15,3 Nm dan daya 10,06 hp. Hal tersebut menjelaskan bahwa pegas k1 memiliki hasil uji yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan tipe pegas lain. Dan menimbang pada konsumsi bahan bakar kendaraan yang paling hemat diantara jenis pegas lain yaitu 5,6 ml.
=================================================================================================================================
Continuously variable transmission (CVT) is the most commonly used transmission in today's two-wheeled vehicles because of its ease of operation and maintenance. This research focuses on the influence of variations in secondary pulley spring components on: acceleration, power and torque. The secondary pulley spring acts as a pusher or pressurer on the secondary sliding pulley so that the v-belt does not lose its frictional force with the pulley. The performance of the secondary pulley is influenced by the spring so that it determines the motorcycle's acceleration. Therefore, many after market products produce these components with the aim of modifying or obtaining acceleration as needed. In theory, the greater the spring constant on the CVT, the greater the thrust, resulting in the v-belt not losing the frictional force on the pulleys. But the value of this spring constant must also be adjusted to the ability of the power released by the machine. From the tests that have been carried out, the results show that the K3 spring with a spring constant (34.7 Nm) is the right spring for use in urban areas because it has a very good acceleration of 0-60 km/h, namely 2.867 m/s^2, the highest torque. namely 15.3 Nm and a power of 10.06 hp. This explains that the k1 spring has a relatively high test result when compared to other types of springs. And considering the most efficient vehicle fuel consumption among other types of springs, namely 5.6 ml.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Continously Variable Transmision, Pegas CVT, Dynotest, akselerasi, Konsumsi Bahan Bakar, CVT Spring, Acceleration, Fuel Consumption |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL440 Motorcycles. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Muhammad Alif Wibisono |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 08:12 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 08:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/103523 |
Actions (login required)
View Item |