Pembuatan Decision Support System untuk Optimasi Rute Pelayaran Kapal dengan Pendekatan Efisiensi Energi

Nugraha, Agung Dwi (2023) Pembuatan Decision Support System untuk Optimasi Rute Pelayaran Kapal dengan Pendekatan Efisiensi Energi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengupayakan rute pelayaran yang optimal guna mendapatkan efisiensi energi yang baik. Hal ini juga menjadi arah gerak dunia maritim seperti yang sudah dijelaskan IMO untuk menargetkan pengurangan emisi gas karbon di kemudian hari. EEOI menjadi salah satu indikator dimana emisi gas karbon menjadi lebih baik atau buruk. Meninjau dari segi operasional, penggunaan jumlah bahan bakar berkaitan langsung terhadap perhitungan EEOI. Bahan bakar sendiri dipengaruhi dari beberapa faktor seperti kecepatan dan durasi pelayaran. Perutean kapal menjadi perhatian dimana untuk mempertimbangkan jalur dan kecepatan kapal yang optimal dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan seperti angin dan gelombang. Angin dan gelombang yang menjadikan adanya koefisien reduksi terhadap kapal, sehingga kapal bisa melaju lebih cepat dari pada kecepatan awal atau bahkan kapal melaju lebih lambat dari kecepatan awal. Pada penelitian ini dilakukan optimasi berupa penambahan segmentasi pada rute pelayaran kapal. Dimana segmentasi ini memberikan peningkatan ketelitian terhadap keadaan lingkungan saat berlayar. Penambahan segmentasi juga berpotensi memperpendek rute pelayaran yang harus ditempuh. Decision Support Sytem (DSS) yang dibuat menggunakan basic fitur dari aplikasi Excel. Dimana macro akan mempermudah melakukan perhitungan yang telah ditentukan secara berulang. Pada penelitian ini juga menggunakan fitur solver pada aplikasi excel, dimana solver ditentukan untuk memunculkan nilai longitude yang dapat memberikan kebutuhan bahan bakar yang paling sedikit. Nilai longitude juga diberi batasan nilai agar dapat menyesuaikan rute pelayaran dari Surabaya – Balikpapan. Secara keseluruhan penelitian ini memberikan pemahaman bahwa dalam mengoptimalkan efisiensi energi adalah mengupayakan rute yang ditempuh adalah rute terpendek. Menentukan heading dari kapal, arah angin dan nilai beaufort number sebagai representasi keadaan lingkungan juga perlu diperhatikan agar pergerakan kapal sebisa mungkin selaras dengan arah gerak angin dan besarnya ombak. Pembuatan DSS juga membantu pengguna untuk bisa melakukan optimasi secara berulang kali berdasar runtutan perhitungan yang sudah ditentukan.
============================================================================================================================
This research was conducted to seek optimal shipping routes in order to obtain good energy efficiency. This is also the direction of movement of the maritime world as explained by IMO to target reducing carbon gas emissions in the future. EEOI is an indicator of where carbon emissions are getting better or worse. From an operational perspective, the amount of fuel used is directly related to the EEOI calculation. The fuel itself is influenced by several factors such as the speed and duration of the voyage. Ship routing is a concern where to consider the optimal path and speed of the ship considering environmental conditions such as wind and waves. Wind and waves cause a reduction coefficient on the ship, so that the ship can go faster than the initial speed or even the ship goes slower than the initial speed. In this study optimization was carried out in the form of adding segmentation to the shipping route of the ship. Where this segmentation provides increased accuracy of environmental conditions when sailing. The addition of segmentation also has the potential to shorten shipping routes that must be taken. Decision Support System (DSS) which is made using the basic features of the Excel application. Where macros will make it easier to perform calculations that have been determined repeatedly. This research also uses the solver feature in the excel application, where the solver is determined to bring up the longitude value that can provide the least fuel requirement. The longitude value is also given a value limit so that it can adjust the shipping route from Surabaya - Balikpapan. Overall, this research provides an understanding that in optimizing energy efficiency is trying to take the shortest route. Determining the heading of the ship, wind direction and the Beaufort number value as a representation of environmental conditions also needs to be considered so that the movement of the ship is as aligned as possible with the direction of wind movement and the size of the waves. Making DSS also helps users to be able to perform optimizations repeatedly based on a predetermined sequence of calculations.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Optimasi, Rute Pelayaran, DSS, EEOI
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agung Dwi Nugraha
Date Deposited: 18 Sep 2023 01:54
Last Modified: 18 Sep 2023 01:54
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103529

Actions (login required)

View Item View Item