Analisa Performa Anti-Lock Braking System (ABS) pada Mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) ITS dengan Menggunakan Matlab Simulink

Ma'ruf, Rizky Ari (2023) Analisa Performa Anti-Lock Braking System (ABS) pada Mobil Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) ITS dengan Menggunakan Matlab Simulink. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211910010065-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211910010065-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data yang dihimpun Korlantas Polri sejak Januari hingga September 2022, jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat sebesar 34 persen atau 24.000 kasus. Salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan tersebut adalah kegagalan sistem pengereman kendaraan. Sistem rem konvensional yang disebut Lock Braking System (LBS) adalah sistem pengereman yang mengunci roda kendaraan sepenuhnya. Sistem ini relatif berbahaya pada kecepatan tinggi karena roda berisiko besar mengalami slip. Oleh karena itu, dikembangkanlah teknologi sistem pengereman anti-lock atau Anti-Lock Braking System (ABS). Sistem pengereman ABS merupakan sistem pengereman yang mampu menghentikan kendaraan tanpa harus mengunci roda sepenuhnya sehingga kendaraan tetap mudah untuk dikendalikan. Sistem ini mampu bekerja di segala kondisi permukaan jalan dan dapat mengurangi risiko kecelakaan. Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi performa sistem pengereman ABS pada mobil PHEV ITS dengan menggunakan software MATLAB SIMULINK. Penelitian ini diawali dengan membuat pemodelan sistem pengereman yang memperhitungkan pengereman mendadak dan menggunakan asumsi kendaraan berjalan di jalan beraspal lurus dan datar. Simulasi dilakukan dengan variasi kecepatan mulai dari 30 km/jam, 40 km/jam, 50 km/jam, 60 km/jam, 70 km/jam dan 80 km/jam. Dari simulasi tersebut dihasilkan grafik jarak pengereman, perlambatan kendaraan, dan slip roda kendaraan. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa jarak pengereman kendaraan yang menggunakan pengereman LBS pada kecepatan 30 km/jam sepanjang 5,5 m dalam waktu 1,26 detik dan pada kecepatan 80 km/jam memiliki jarak pengereman sepanjang 37,1 m dalam waktu 3,2 detik. Sedangkan kendaraan dengan pengereman ABS pada kecepatan 30 km/jam memiliki jarak pengereman sepanjang 5 m dalam waktu 1,2 detik dan saat kecepatan 80 km/jam memiliki jarak pengereman sejauh 35 m dalam 3,1 detik. Lalu untuk rata-rata perlambatan kendaraan pada kecepatan 30 km/jam dengan sistem LBS memiliki besar perlambatan sebesar 6,3 m/s2 dan saat kecepatan 80 km/jam memiliki besar perlambatan 6,6 m/s2. Sedangkan kendaraan dengan sistem ABS pada kecepatan 30 km/jam memiliki rata-rata perlambatan sebesar 9,5 m/s2 dan pada kecepatan 80 km/jam memiliki rata-rata perlambatan sebesar 11,6 m/s2. Selanjutnya, untuk slip roda kendaraan dengan pengereman LBS saat kecepatan 30 km/jam dan 80 km/jam selalu memiliki nilai yang konstan yaitu 1. Sedangkan kendaraan dengan pengereman ABS pada kecepatan 30 km/jam, nilai slip rodanya sebesar 0,37 dan saat kecepatan 80 km/jam besar slip rodanya yaitu 0,64. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa performa pengereman ABS lebih baik dari pada pengereman LBS.
====================================================================================================================================
Based on data collected by the Korlantas Polri from January to September 2022, the number of traffic accidents increased by 34 percent or 24,000 cases. One of the causes of the high number of accidents is the failure of the vehicle's braking system. The conventional brake system called Lock Braking System (LBS) has a braking system that locks the wheels of the vehicle completely. This system is relatively dangerous at high speeds because the wheels are at great risk of slipping. Therefore, Anti-Lock Braking System (ABS) technology was developed. The ABS braking system is a braking system that is able to stop the vehicle without having to lock the wheels completely so that the vehicle remains easy to control. This system is able to work in all road surface conditions and can reduce the risk of accidents. In this final project, the performance of the ABS braking system on the ITS PHEV car is simulated using MATLAB SIMULINK software. This research begins by modeling a braking system that considers sudden braking and assumes the vehicle is running on a straight and flat paved road. Simulations were carried out with speed variations ranging from 30 km/h, 40 km/h, 50 km/h, 60 km/h, 70 km/h and 80 km/h. The simulation will produce a graph of braking distance, vehicle deceleration, and vehicle wheel slip. Based on the analysis conducted, it is known that the braking distance of vehicles using LBS braking at a speed of 30 km/h is 5.5 m in 1.26 seconds and at a speed of 80 km/h has a braking distance of 37.1 m in 3.2 seconds. While vehicles with ABS braking at a speed of 30 km/h have a braking distance of 5 m in 1.2 seconds and at a speed of 80 km/h have a braking distance of 35 m in 3.1 seconds. Then for the average vehicle deceleration at a speed of 30 km / h with the LBS system has a large deceleration of 6.3 m / s2 and when the speed of 80 km / h has a large deceleration of 6.6 m / s2. While the vehicle with ABS system at a speed of 30 km/h has an average deceleration of 9.5 m/s2 and at a speed of 80 km/h has an average deceleration of 11.6 m/s2. Furthermore, for wheel slip, the vehicle with LBS braking at 30 km/h and 80 km/h always has a constant value of 1. While the vehicle with ABS braking at 30 km/h, the wheel slip value is 0.37 and at 80 km/h the wheel slip is 0.64.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ABS, LBS, Jarak Pengereman, Perlambatan Kendaraan dan Slip Roda; ABS, LBS, Braking Distance, Vehicle Deceleration, and Wheel Slip
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223 PID controllers
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: RIZKY ARI MA'RUF
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:42
Last Modified: 04 Sep 2023 07:42
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103546

Actions (login required)

View Item View Item