Studi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pengunjung di Obyek Wisata Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control (HIRARC) (Studi Kasus : Daerah Wisata Waduk Selorejo Kabupaten Malang)

Aulia, Ramadhani Dwi (2023) Studi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Pengunjung di Obyek Wisata Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, And Risk Control (HIRARC) (Studi Kasus : Daerah Wisata Waduk Selorejo Kabupaten Malang). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03311940000024-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03311940000024-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. K3 bertujuan untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang mungkin timbul akibat adanya bahaya dan risiko. K3 tidak hanya diperlukan oleh pekerja yang ada pada suatu lokasi pekerjaan, tetapi juga diperlukan oleh pengunjung ketika berada di suatu obyek wisata. Waduk Selorejo sebagai salah satu obyek wisata yang diunggulkan di Kabupaten Malang pastinya juga memiliki risiko kecelakaan bagi pengunjung. Oleh karena itu, diperlukan identifikasi dan analisis untuk mengetahui bahaya dan risiko yang mungkin terjadi pada obyek wisata Waduk Selorejo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahaya dan risiko yang mungkin terjadi pada obyek wisata Waduk Selorejo dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control (HIRARC). Analisis yang dilakukan juga mempertimbangkan kondisi topografi lokasi penelitian berupa kemiringan lereng (slope). Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi pengendalian risiko yang terdiri dari pengendalian teknik sebesar 52%, pengendalian administrasi sebesar 35%, dan pengendalian dengan APD sebesar 13%. Hasil tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk peta untuk mempermudah pengelola dalam mengetahui lokasi pengendalian risiko. Oleh karena itu, dilakukan geotagging dengan GPS RTK untuk mengetahui posisi akurat rekomendasi pengendalian risiko. Koordinat hasil geotagging tersebut kemudian dilakukan plotting pada basemap berupa peta orthophoto yang diperoleh dari pengolahan data foto udara Waduk Selorejo. Sehingga diperoleh hasil akhir berupa Peta Rekomendasi Pengendalian Risiko Waduk Selorejo.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSG 658.155 Aul s-1 2023
Uncontrolled Keywords: Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Bahaya, Risiko, Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC), Slope, Occupational Health and Safety, Hazards, Risks
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G109.5 Global Positioning System
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems.
G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography > GA105.3 Cartography.
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ramadhani Dwi Aulia
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:54
Last Modified: 19 Dec 2023 04:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103568

Actions (login required)

View Item View Item