Analisis Kondisi Kantuk Berdasarkan Biomedical Signal dan Subjective Measure dengan Menggunakan Wearable Device System secara Real-Time

Septiandi, Lutfi Ananditya (2023) Analisis Kondisi Kantuk Berdasarkan Biomedical Signal dan Subjective Measure dengan Menggunakan Wearable Device System secara Real-Time. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6010211022-Master_Thesis.pdf] Text
6010211022-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengusulkan pengembangan device monitoring yang menggunakan biomedical signal dan subjective measure untuk mendeteksi kantuk. Device ini menggunakan sinyal EOG sebagai objective measure dan Karolinska Sleepiness Scale (KSS) sebagai subjective measure dalam menentukan tingkat kantuk. Selain itu, penelitian ini mengadopsi framework pengembangan produk untuk memastikan pengembangan monitoring device yang efektif. Melalui penggabungan kedua metode ini, penelitian ini berhasil meningkatkan akurasi, keamanan, dan efektivitas dalam mendeteksi kondisi kantuk. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan tingkat kantuk antara individu. Hal ini terbukti dari pengujian ANOVA dengan p = 0.014 (p-value < α = 0.05) menunjukkan hasil yang signifikan. Device monitoring ini mampu memonitor kondisi siaga dan kantuk dengan akurasi mencapai 90%. Rekomendasi penelitian selanjutnya mencakup peningkatan dataset, perbaikan desain packaging yang lebih compact, dan penambahan fitur mitigasi untuk mengatasi kondisi kantuk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Deteksi kantuk, Pemrosesan sinyal, Proses pengembangan produk, Device monitoring, Biomedical signal, Subjective measurement. Drowsiness detection, Signal processing, Product development process, Monitoring device, Biomedical signal, Subjective measurement.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5102.9 Signal processing.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105.888 Web sites--Design. Web site development.
T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Lutfi Ananditya Septiandi
Date Deposited: 05 Aug 2023 14:21
Last Modified: 05 Aug 2023 14:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103595

Actions (login required)

View Item View Item