Modifikasi Jig Mesin Vertical Cutting Cylinder Head K-XX Guna Meningkatkan Kualitas Serta Mengurani Cycletime Produksi di PT XYZ

Maulana, Mico Nawa (2023) Modifikasi Jig Mesin Vertical Cutting Cylinder Head K-XX Guna Meningkatkan Kualitas Serta Mengurani Cycletime Produksi di PT XYZ. Project Report. [s.n], [s.l.]. (Unpublished)

[thumbnail of 10211910000040-Project_Report.pdf] Text
10211910000040-Project_Report.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan vokasi pada jenjang perguruan tinggi, pada dasarnya lebih mengutamakan untuk mempersiapkan lulusan tenaga kerja yang memiliki keterampilan. Dimana sifat pendidikan vokasi harus cepat beradaptasi terhadap perubahan. Pengangguran dari lulusan vokasi merupakan hal yang harus diantisipasi setiap lembaga pendidikan. Salah satu upaya untuk itu harus ada relevansi antara pendidikan dengan kondisi dunia kerja yang terus mengalami perkembangan. Perguruan tinggi merupakan salah satu tempat yang dapat menghasilkan banyak sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian mandiri, dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Oleh karena itu, pemerintah saat ini semakin gencar mewujudkan kerjasama antara industri dan perguruan tinggi melalui berbagai kebijakan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut dilakukan untuk menjembatani kesenjangan antar perguruan tinggi di Indonesia dan sebagai wadah mahasiswa mengetahui dunia pasca kampus yang sebenarnya. Salah satu program pemerintah bersama perguruan tinggi yaitu program magang industri. Program ini diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia yang berkarakter dan memiliki skill mumpuni di bidangnya agar dapat berkontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara. Serta menjadi salah satu pendorong utama bagi mahasiswa untuk mengenal kondisi lapangan kerja dan melihat keselarasan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dibangku kuliah dengan aplikasi praktis di dunia kerja yang sebenarnya.Berdasarkan hal tersebut, maka kami memilih PT. XYZ, Jakarta Utara, DKI Jakarta untuk menjadi tempat magang industri kami yang merupakan salah satu perusahaan swasta dibidang manufacturing kendaraan bermotor. PT. XYZ mengembangkan teknologi yang mampu memenuhi konsumen yaitu mesin yang bandel dan irit bahan bakar, sehingga menjadikan PT. XYZ sebagai pelopor kendaraan roda dua yang ekonomis. Tidak heran, jika harga jual kembali sepeda motor tetap tinggi. PT. XYZ termasuk perusahaan yang memiliki tingkat konsumen yang tinggi, karena memiliki konsumen diluar negeri. Dan proses produksi yang dilakukan dengan cara make to order untuk meminimalisir biaya penyimpanan. Terkait dengan banyaknya junlah tenaga kerja, salah satu kunci utama dalam menciptakan SDM yang professional terletak pada rekrutment, seleksi, training, dan development pada calon tenaga kerja.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Jig, Efisiensi produksi, Jig, Production Efficiency
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
T Technology > TS Manufactures > TS183 Manufacturing processes. Lean manufacturing.
T Technology > TS Manufactures > TS253 Die-Casting
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: MICO NAWA MAULANA
Date Deposited: 05 Aug 2023 09:33
Last Modified: 05 Aug 2023 09:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103607

Actions (login required)

View Item View Item