Akmal, Ghalib Fakhrizul (2023) Perbandingan Satu Tingkat Kecepatan dengan Tiga Tingkat Kecepatan pada Mobil Urban Listrik Nogogeni VII EVO Ditinjau dari Konsumsi Energi Listrik. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
10211910000023-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Mobil Hemat Energi merupakan mobil yang menggunakan konsumsi energi atau bahan bakar seminimal mungkin dalam perlombaan. Pada topik tugas akhir ini akan membahas mengenai system transmisi mobil urban listrik Nogogeni VII EVO, Sistem transmisi dalam mobil listrik, adalah sistem yang berfungsi untuk menkonversi torsi dan kecepatan (putaran) dari motor listrik menjadi torsi dan kecepatan yang diteruskan ke roda. Mobil urban listrik Nogogeni ITS Team hanya memiliki satu kecepatan, yang dimana mobil hanya bisa memilih satu pilihan yaitu, antara mobil membutuhkan top speed atau membutuhkan torsi. Sedangkan umumnya, mobil saling membutuhkan keduanya. Karena setiap sirkuit memiliki medan yang memiliki elevasi lintasan yang berbeda beda.Sehingga, tugas akhir ini akan membahas innovasi sistem transmisi tiga percepatan yang dapat menjawab permasalahan tersebut.
Tujuan dari tugas akhir ini nantinya untuk merancang dan membuat system transmisi tiga percepatan dengan internal gear yang dapat meringankan beban mobil saat melakukan akselerasi dari kecepatan awal dan bisa mendapatkan top speed saat diperlukan kecepatan. Setelah dilakukan proses design, simulasi dan assembly akan dilakukan trial and eror. Hasil akhir nya akan meningkatkan efisiensi energi listrik.
Berdasarkan pada percobaan yang ditinjau dari hasil konsumsi energi listrik menggunakan sistem transmisi 1 speed dan 3 speed, mobil Urban Nogogeni VII Evo dapat disimpulkan bahwa lebih efisien menggunakan 1 speed, dengan hasil yang terbaik yaitu sebesar 143,67 Km/KWh dengan waktu 3 menit 52 detik pada perbandingan jumlah gigi sekunder 22T-32T. Sedangkan sistem transmisi 3 speed mendapatkan hasil terbaik sebesar 142,33 Km/KWh dengan torehan waktu 4 menit 10 detik, yang mana tidak di anggap, karena DNF ( Did Not Finish ) pada perbandingan jumlah gigi 22T-28T. Sedangkan hasil konsumsi energi listrik yang di anggap sah pada sistem transmisi 3 speed sebesar 126 Km/KWh dengan waktu 3 menit 45 detik pada perbandingan jumlah gigi 22T-36T.
========================================================================================================================================
Energy Efficient Cars are cars that use as little energi or fuel consumption as possible in a race. The topic of this final project will discuss the Nogogeni VII EVO electric urban car transmission system. The transmission system in an electric car is a system that functions to convert torque and speed (rotation) from an electric motor into torque and speed which is transmitted to the wheels. The Nogogeni ITS Team electric urban car only has one speed, in which the car can only choose one option, namely, between the car requiring top speed or requiring torque. Whereas in general, cars need each other. Because each circuit has terrain that has different track elevations. So, this final project will discuss the innovation of a three-speed transmission system that can answer these problems.
The purpose of this final project will be to design and manufacture a three-speed transmission system with internal gear that can lighten the car's load when accelerating from its initial speed and can get top speed when speed is needed. After the design process, simulation and assembly will be carried out by trial and error. The end result will increase the efficiency of electrical energi.
Based on the experiments reviewed from the results of electricity consumption using a 1 speed and 3 speed transmission system, the Urban Nogogeni VII Evo car can be concluded that it is more efficient to use 1 speed, with the best result of 143.67 Km/KWh with a time of 3 minutes 52 seconds at a ratio of 22T-32T. While the 3-speed transmission system gets the best result of 142.33 Km/KWh with a time of 4 minutes 10 seconds, which is not considered, because the DNF (Did Not Finish) is in the 22T-28T ratio. While the results of the consumption of electrical energi which is considered valid in the 3 speed transmission system is 126 Km/KWh with a time of 3 minutes 45 seconds at a ratio of 22T-36T.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Transmisi, Kecepatan , Energi Listrik, Transmission System, Speed, Electrical Energy |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc. |
Divisions: | Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering (D4) |
Depositing User: | Ghalib Fakhrizul Akmal |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:39 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/103654 |
Actions (login required)
View Item |