Segmentasi Supplier PT SBA Transport menggunakan Matriks Kraljic

Manurung, Bryan Binsar Parluhutan (2023) Segmentasi Supplier PT SBA Transport menggunakan Matriks Kraljic. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411940000104-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411940000104-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dalam sebuah perusahaan logistik tentunya yang menjadi mesin penggerak dari bisnisnya adalah armada yang mereka miliki. Pada realitanya, PT SBA Transport memiliki banyak jenis transport dalam armadanya, tentunya dengan terdapatnya beberapa jenis transport, maka terdapat kebutuhan sparepart yang bervariasi. Hal ini mengindikasikan bahwa PT SBA Transport perlu melakukan pengadaan sparepart sehingga berinteraksi dengan banyak pemasok. Dengan adanya interaksi ini maka diperlukan Supplier Relationship Management (SRM) untuk menjalin hubungan baik dengan supplier. Pada praktiknya tidak semua pemasok memiliki nilai yang sama, ada yang memiliki dampak yang signifikan terhadap perusahaan dan ada yang tidak, lalu ada juga yang memiliki risiko pasokan yang tinggi dan ada yang tidak. Dengan mampu mensegmentasikan pemasok-pemasok yang ada ke dalam dimensi-dimensi ini akan sangat berdampak pada perusahaan, karena dengan begitu perusahaan mampu memetakan pemasokpemasok eksisting, serta merancang strategi yang efektif untuk menjalin kerjasama dengan pemasok kedepannya. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengurangi risiko supply dari proses pengadaan dengan cara menentukan strategi yang sesuai bagi pemasok-pemasok yang ada. Untuk melakukan proses segmentasi dan penentuan strategi ini, menggunakan pendekatan Matriks Kraljic yang membagi pemasok berdasarkan risiko supply dan dampak supply terhadap perusahaan, serta untuk melakukan pembobotan dari setiap kriteria yang ada, berdasarkan kedua dimensi tersebut, digunakanlah Analytical Hierarchy Process. Dilanjutkan dengan penilaian dari setiap supplier oleh stakeholder perusahaan Adapun hasil yang didapatkan dari hasil pengumpulan data adalah segmentasi supplier berdasarkan dimensi dan kriteria yang telah ditentukan. Tetapi setelah dilakukan segmentasi, terdapat beberapa supplier yang memasok barang yang tidak sessuai antara risiko supply serta profit impact-nya dengan bagaimana perusahaan memandang mereka, sehingga diperlukan perubahan posisi dan pembuatan strategi berdasarkan jenis barang yang dipasok oleh supplier yang ada.
=================================================================================================================================
In a logistics company, the driving force behind its business is the fleet of vehicles it owns. PT SBA Transport has various types of transportation in its fleet, which leads to the need for a variety of spare parts. This indicates that PT SBA Transport needs to procure spare parts and, therefore, interacts with many suppliers. To manage these interactions, Supplier Relationship Management (SRM) is essential to establish good relationships with suppliers. In practice, not all suppliers have the same value; some have a significant impact on the company, while others do not. Some suppliers may pose high supply risks, while others may not. Being able to segment suppliers based on these dimensions has a significant impact on the company, as it allows them to map existing suppliers and design effective strategies for future collaborations with suppliers. The aim of this research is to reduce supply risks in the procurement process by determining appropriate strategies for existing suppliers. To perform this segmentation and strategy determination, the study uses the Kraljic Matrix approach, which categorizes suppliers based on their supply risk and supply impact on the company. To assign weights to each criterion based on these two dimensions, the Analytical Hierarchy Process (AHP) is employed. The evaluation of each supplier is further conducted by the company's stakeholders. The results obtained from the data collection show the segmentation of suppliers based on the defined dimensions and criteria. However, after segmentation, it is found that some suppliers provide goods that do not align with their supply risk and profit impact as perceived by the company. Therefore, there is a need for repositioning and devising strategies based on the types of goods supplied by these existing suppliers.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process, Matriks Kraljic, Segmentasi Supplier, Supplier, Relationship Management, Pengadaan, Matriks Kraljic, Procurement, Relationship Management, Supplier SegmentatioN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD39.5 Industrial procurement.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bryan Binsar Parluhutan Manurung
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:38
Last Modified: 23 Nov 2023 05:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103673

Actions (login required)

View Item View Item