Perencanaan Struktur Gedung Modular Baja 23 Lantai di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Dinding Geser Pracetak

Raihan, Muhammad Rafly (2023) Perencanaan Struktur Gedung Modular Baja 23 Lantai di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Dinding Geser Pracetak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10111910010051-Undergraduate-Thesis.pdf] Text
10111910010051-Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan gedung tinggi terutama di perkotaan setiap tahun menjadi lebih tinggi dikarenakan di daerah perkotaan memiliki lahan yang terbatas sehingga diperlukan pembangunan gedung tinggi yang cepat dan tepat agar bisa memenuhi kebutuhan pasar tersebut. Salah satu jenisnya adalah modular. Modular construction menawarkan proses konstruksi yang lebih cepat, aman, dan kualitas yang lebih baik. Saat ini di Indonesia telah memulai untuk menerapkan teknologi modular seperti perusahaan PT. Wijaya Karya sedang mengembangkan desain gedung modular setinggi 23 lantai untuk memenuhi kebutuhan mengenai high rise building di Indonesia. Sistem penahan gempa diperlukan terutama dalam mendesain gedung tinggi untuk memikul gaya lateral yang terjadi Sistem penahan gempa yang dipakai adalah sistem dinding geser beton pracetak atau precast concrete shearwall. Pemilihan sistem ini karena shearwall dapat memikul beban lateral yang terjadi khususnya beban gempa serta penerapan teknologi precast pada shearwall juga dapat mempercepat proses konstruksi sehingga durasi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan menjadi lebih singkat. Pemilihan sambungan dalam hal ini juga penting dikarenakan sambungan berpengaruh pada kecepatan proses pelaksanan konstruksi dan kekakuan antar modulnya. Sambungan yang dipakai adalah sambungan batang baja berulir dengan shear key. Sambungan vertikal menggunakan baut rod sedangkan sambungan horizontal menggunakan shear key dan tie plate.Penulisan proyek akhir merencanakan pembangunan gedung perkuliahan menggunakan sistem modular baja di Surabaya dengan luasan 810 m^2serta ketinggian 23 lantai serta sistem penahan gempa yang digunakan dinding geser pracetak serta memiliki klasifikasi tanah lunak.. Langkah selanjutnya adalah dilakukan kontrol analisa struktur, kontrol kapasitas elemen, perhitungan dinding geser pracetak, perhitungan sambungan, serta penggambaran teknik. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa struktur memiliki periode sebesar 1,965 detik, simpangan antar lantai sebesar 28.072 mm pada arah y dan 22.671 mm dan masih dibawah dari simpangan ijin sebesar 30mm. Kontrol P-∆ juga menunjukan bahwa gedung stabil karena nilai ⍬ tidak melebihi ⍬ maks. Gaya geser dasar yang terjadi sebesar 12580.762 kN pada arah x dan 21724.07 pada arah y.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modular, Connection, Precast Shear Wall, Modular, Sambungan, Dinding Geser Pracetak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA660.F7 Structural frames.
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA683 Precast concrete construction. Prestressed concrete construction.
Divisions: Faculty of Vocational > Civil Infrastructure Engineering (D4)
Depositing User: Muhammad Rafly Raihan
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:46
Last Modified: 15 Aug 2023 06:46
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103675

Actions (login required)

View Item View Item