Identifikasi Getaran Pada Struktur Patrol Boat Menggunakan Metode Elemen Hingga

Fanani, Haikal Brilliandiva (2023) Identifikasi Getaran Pada Struktur Patrol Boat Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000025_Undergraduate_Theses.pdf] Text
04111940000025_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Patrol boat merupakan jenis kapal yang dirancang dengan tujuan khusus melakukan pengawasan dan penjagaan wilayah perairan baik nasional maupun internasional. Kebutuhan spesifik dari jenis kapal ini adalah kemampuan kapal untuk melakukan maneuver dengan kecepatan tinggi dimana hal ini harus didukung dengan baik oleh sistem struktur kapal untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat kerja dinas yang dilakukan. Daya dorong dari mesin kapal yang besar untuk memenuhi kebutuhan kerja patrol boat berbanding lurus dengan besarnya gaya yang diterima oleh lambung kapal itu sendiri. Untuk menanggulangi getaran yang timbul akibat kerja mesin yang kontinyu, maka struktur kapal harus diperhitungkan terlebih dahulu nilai frekuensi natural dari masing – masing komponen lambung kapal. Hal ini untuk mencegah terjadinya resonansi akibat sama besarnya nilai frekuensi natural dan eksitasinya. Pencegahan ini bermaksud untuk memastikan kenyamanan dari crew selama melaksanakan kerja dinas menggunakan patrol boat. Untuk mengetahui besarnya getaran yang terjadi pada struktur lambung kapal, maka akan dilakukan perbandingan nilai getaran terhadap standar ISO 6954. Pada penelitian yang telah dilakukan, masing – masing geladak pada patrol boat tidak didapati nilai velocity lebih dari 9 mm/s. Sehingga, dari segi konstruksi dan propulsi dari patrol boat dikatakan memenuhi standar dan layak untuk beroperasi. Apabila dalam praktiknya ditemukan getaran berlebih, maka akan dilakukan analisa pada sistem propulsi pada patrol boat itu sendiri.
=================================================================================================================================
Patrol boat is a type of ship designed with the specific purpose of monitoring and guarding national and international waters. The specific requirement of this type of ship is the ship's ability to maneuver at high speed where this must be well supported by the ship's structural system to prevent damage due to the service work performed. The thrust of a large ship engine to meet the patrol boat's work needs is directly proportional to the amount of force received by the hull itself. To overcome the vibrations arising from continuous engine work, the ship structure must first calculate the natural frequency value of each hull component. This is to prevent resonance due to the same natural frequency value and excitation. This prevention intends to ensure the comfort of the crew while carrying out official work using a patrol boat. To determine the amount of vibration that occurs in the hull structure, a comparison of vibration values will be made to the ISO 6954 standard. In the research that has been done, each deck on the patrol boat is not found to have a velocity value of more than 9 mm/s. So, in terms of construction and propulsion of the patrol boat is said to meet the standards and is suitable for operation. If in practice excessive vibration is found, an analysis will be carried out on the propulsion system on the patrol boat itself.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Patrol Boat, geladak, getaran, frekuensi natural, eksitasi, resonansi, deck, vibration, natural frequency, excitation, resonance.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Haikal Brilliandiva Fanani
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:18
Last Modified: 23 Nov 2023 05:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103690

Actions (login required)

View Item View Item