Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Shopee Pada Situs Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine

Putra, Fahmi Maulutfi Dwi (2023) Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Shopee Pada Situs Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10611710000021_Undergraduate-Thesis.pdf] Text
10611710000021_Undergraduate-Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Marketplace adalah tempat jual beli online dimana penjual baru menerima uangnya jika barang sudah sampai ke pembeli, sedangkan E-Commerce adalah transaksi jual beli atau perdagangan secara online. Salah satu marketplace yang sangat diminati saat ini dikalangan remaja hingga dewasa adalah Shopee. Shopee resmi diperkenalkan di Indonesia pada Desember 2015 dibawah naungan PT Shopee International Indonesia. Shopee adalah sebuah aplikasi yang bergerak dibidang jual beli secara online dan dapat diakses secara mudah dengan menggunakan smartphone. Shopee merupakan aplikasi jual beli elektronik yang dapat diunduh di situs Google Play. Google Play Store memiliki berbagai macam fitur, salah satunya adalah ulasan atau opini. Ulasan atau opini ini digunakan untuk para pengguna menilai sebuah aplikasi. Pengguna aplikasi Shopee dapat memberikan opini yang berisi tanggapan, apresiasi, kritik dan masukan pada aplikasi Shopee yang tersedia di Google Play Store. Opini pada aplikasi Shopee dapat digunakan untuk mendapatkan informasi sebagai bahan perbaikan atau pengembangan aplikasi sehingga pengguna mendapatkan kepuasan. Proses pengembangan membutuhkan opini dari pengguna, hal tersebut bisa didapat dari data opini pada Google Play Store dalam bentuk data teskstual. Data tekstual tersebut bisa dianalisis menggunakan text mining. Banyak metode yang dapat digunakan untuk memudahkan proses klasifikasi sentiment data, setiap metode memiliki karakteristik berbeda sehingga tingkat keefektifan setiap metode berbeda-beda. Dalam menganalisis opini dibutuhkan metode yang cepat dan akurat yaitu analisis sentimen dengan metode Support Vector Machine (SVM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk analisis sentimen dengan kategori sentimen positif yaitu sebesar sebesar 53,13%, sedangkan untuk opini pengguna aplikasi Shopee berdasarkan kategori sentimen negatif sebesar 46,87% dengan hasil nilai accuracy sebesar 64,5%, nilai sensitivity sebesar 60,1%, dan nilai specificity sebesar 69,5%.
=================================================================================================================================
Marketplace is a place for buying and selling online where sellers only receive money if the goods have reached the buyer, while E-Commerce is buying and selling or trading transactions online. One of the marketplaces that is in great demand today among teenagers to adults is Shopee. Shopee was officially introduced in Indonesia in December 2015 under the auspices of PT Shopee International Indonesia. Shopee is an application engaged in buying and selling online and can be accessed easily using a smartphone. Shopee is an electronic buying and selling application that can be downloaded on the Google Play site. The Google Play Store has various features, one of which is reviews or opinions. These reviews or opinions are used for users to rate an application. Shopee application users can provide opinions that contain responses, appreciation, criticism and input on the Shopee application which is available on the Google Play Store. Opinions on the Shopee application can be used to obtain information as material for improvement or application development so that users get satisfaction. The development process requires opinions from users, this can be obtained from opinion data on the Google Play Store in the form of textual data. The textual data can be analyzed using text mining. Many methods can be used to facilitate the sentiment data classification process, each method has different characteristics so that the level of effectiveness of each method varies. In analyzing opinions, a fast and accurate method is needed, namely sentiment analysis using the Support Vector Machine (SVM) method. The results showed that for sentiment analysis the positive sentiment category was 53.13%, while for the opinion of Shopee application users based on the negative sentiment category it was 46.87% with an accuracy value of 64.5%, a sensitivity value of 60.1%, and a specificity value of 69.5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Aplikasi, Shopee, Support Vector Machine, Opini, Application, Sentiment Analysis, Opinion
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
T Technology > T Technology (General) > T57.8 Nonlinear programming. Support vector machine. Wavelets. Hidden Markov models.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Faahmi Maulutfi Dwi Putra
Date Deposited: 27 Nov 2023 04:59
Last Modified: 27 Nov 2023 04:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103742

Actions (login required)

View Item View Item