Analisis Potensi Kontainerisasi Sudut Pandang Ekspedisi: Studi Kasus Pulau Jawa – Pulau Kalimantan

Isaura, Sabina Rizky (2023) Analisis Potensi Kontainerisasi Sudut Pandang Ekspedisi: Studi Kasus Pulau Jawa – Pulau Kalimantan. Other thesis, Institut Teknologi sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411940000012-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04411940000012-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (34MB) | Request a copy

Abstract

Antrian truk muatan kapal ro-ro yang akan masuk dan mulai bongkar di Pelabuhan masih banyak terjadi di hampir semua Pelabuhan di Indonesia. Arus keluar masuk kendaraan muatan kapal ro-ro yang tinggi menuju Pulau Kalimantan menjadi bukti kuat bahwa peminat angkutan ro-ro sangat banyak. Adanya hal ini cukup menganggu akses jalan, dan dapat memberikan dampak kepada pemilik muatan jika muatan tersebut terabaikan dengan tidak ada penanganan yang baik. Sebagai solusi, muatan dapat dipindahkan menjadi muatan yang di petikemas-kan atau dapat disebut dengan Kontainerisasi. Dengan menggunakan container,
muatan yang dibawa dapat ditangani dengan perlakuan khusus dan lebih aman. Ditambah dengan perbedaan tarif angkutan ro-ro dan petikemas yang cukup jauh yaitu dengan selisih
hampir sepuluh juta rupiah, dapat menjadi pertimbangan jika muatan lebih baik diangkut menggunakan container. Kontainerisasi juga telah di dukung oleh Sub-Holding Pelindo
Terminal Petikemas (SPTP) dengan melakukan standarisasi Pelabuhan untuk meng�efisiensikan biaya logistik. Ditambah dengan arus petikemas di Indonesia yang terus bertambah
menjadi bukti bahwa permintaan kontainerisasi terus bertambah. Selain itu, adanya pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) juga dapat menambah potensi adanya muatan yang
diangkut dari Pulau Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya logistik antara menggunakan kapal ro-ro atau kapal container dan mendapatkan potensi
kontainerisasi serta dampak kontainerisasi kepada stakeholders yaitu dari Pemilik Barang, Pelayaran, dan Pelabuhan. Penelitian dilakukan dengan cara survei muatan eksisting, menghitung biaya logistik, waktu penanganan, dan analisis perbandingan dengan metode komparasi. Berdasarkan hasil survei terdapat 3 industri, yaitu Industri Pertanian Perikanan, Industri Ringan, dan Industri Berat. Hasil analisis didapatkan jenis muatan yang dapat di kontainerisasi, unit biaya terbaik untuk pengiriman dan waktu lama pengiriman. Sehingga, dari perbandingan biaya dan waktu, kontainerisasi akan lebih baik diaplikasikan pada Industri
Ringan dan Industri Berat. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh potensi kontainerisasi sebesar 3.781 TEUS /bulan, dimana potensi tersebut memberikan dampak ke setiap
stakeholders. Pengaruh kontainerisasi akan berdampak penurunan pendapatan pada operator pelayaran ro-ro dan terminal ro-ro. Sedangkan dampak kenaikan pendapatan terjadi pada operator pelayaran petikemas dan terminal petikemas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kapal Ro-Ro, Container, Kontainerisasi, Komparasi Keywords: Ro-Ro Vessel, Container, Containerization, Comparative
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE551.W36 Container terminals--Management.
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
V Naval Science > V Naval Science (General) > V220 Naval ports, bases, reservations, docks, etc.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sabina Rizky Isaura
Date Deposited: 08 Aug 2023 13:23
Last Modified: 08 Aug 2023 13:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103858

Actions (login required)

View Item View Item