Optimasi Paket Pemeliharaan A-Check Pesawat A320-Series Dengan Pendekatan Equalize Check Melalui Algoritma Genetika

Budiman, Muhammad (2023) Optimasi Paket Pemeliharaan A-Check Pesawat A320-Series Dengan Pendekatan Equalize Check Melalui Algoritma Genetika. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950085018-Master_Thesis.pdf] Text
09211950085018-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pesawat merupakan mesin produksi dari maskapai, tidak beroperasinya pesawat karena perawatan sering dianggap sebagai kerugian sehingga maskapai menginginkan proses perawatan yang lebih cepat. A-Check merupakan perawatan tingkat sedang setiap 1000FH, 750FC atau 4 Bulan yang dikerjakan pada periode operasional di mana pesawat sudah memilik jadwal penerbangan rutin. Kinerja ketepatan waktu pelaksanaan perawatan atau pemeliharaan A-Check tahun 2022 tercapai sebesar 60,20% dari target 100% atau 59 kali tepat waktu dari 98 kinerja tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2021, kinerja tersebut juga ikut mempengaruhi kinerja ketepatan jadwal penerbangan, salah satu penyebab tidak tercapainya kinerja tersebut diakibatkan oleh fluktuasi beban kerja yang melebihi kapasitas pemeliharaan sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya.
Untuk mengatasi permasalahan di atas di gunakan pendekatan equalized-check yaitu metode untuk mengurangi fluktuasi dan menyeimbangkan beban kerja, di mana beban puncak yang terbentuk akan disebar ke titik yang lebih rendah dengan cara mengubah inisial start interval dari beberapa daftar pekerjaan tanpa mengubah interval aslinya secara permanen untuk menghasilkan beban kerja yang seimbang dengan membuat model data dan simulasi, proses relokasi beban puncak di optimasi menggunakan algoritma genetika dengan mengubah inisial start interval untuk mendapatkan hasil terbaik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi alternatif kepada maskapai untuk memperbaiki kinerja pelaksanaan pemeliharaan A-Check dengan cara menurunkan jumlah fluktuasi beban kerja, penerapan metode equalized-check dengan algoritma genetika berhasil menurunkan beban puncak sebesar 60,53%, hal ini memberi dampak positif bagi sisi operasional di mana jadwal dan rute penerbangan akan lebih fleksibel dan tepat waktu di banding sebelumnya, serta dapat meningkatkan produktivitas pesawat, sementara pada sisi pemeliharaan, biaya lembur, dan biaya tenaga kerja temporer dapat dikurangi dengan potensi penghematan biaya sebesar USD. 84.000 per tahun.
============================================================
The aircraft is the revenue generator of the airline. Aircraft grounded due to maintenance is often considered a loss, so the airline wants a faster turnaround time. A-Check is a medium level of maintenance performed every 1000FH, 750FC, or 4 Months during the operational period when the aircraft has a regular flight schedule. In 2022, the turnaround time performance of A-Check maintenance execution was 60.20% from the 100% target or 59 times on time out of 98. This performance has declined since 2021, This performance also affects the performance of on-time flight schedules. One of the causes of failing to achieve this performance is workload fluctuations that exceed maintenance capacity.
To overcome the above problems. The equalized-check approach is used, which is a method to reduce fluctuations and balance the workload, where the peak load formed will be spread to a lower point by altering the initial start interval of some tasks without altering the original interval to establish a more balanced workload pattern using data model and simulation. A genetic algorithm is used to optimize the peak load relocation procedure to get the best results.
The purpose of this research is to offer alternative solutions to enhance the performance of A-Check downtime by reducing workload fluctuation. The use of the equalized-check method with a genetic algorithm successfully reduces workload fluctuations by 60,53%, improving operational aspects such as more timely and flexible flight schedules and routes that can boost aircraft productivity while on the maintenance side, overtime costs, and temporary labour costs can be reduced with potential cost savings of USD. 84.000 per year.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Meta-heuristis, Stokastik, Program pemeliharaan, Paket pemeliharaan, Meta-heuristic, Stochastic, Maintenance Program, Maintenance Packaging
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.5 Genetic algorithms.
T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
T Technology > T Technology (General) > T57.84 Heuristic algorithms.
T Technology > T Technology (General) > T58.62 Decision support systems
T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL671.9 Airplanes--Maintenance and Repair
T Technology > TS Manufactures > TS157.5 Production scheduling
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Muhammad Budiman
Date Deposited: 05 Aug 2023 13:34
Last Modified: 05 Aug 2023 13:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103923

Actions (login required)

View Item View Item