Strategi Bisnis Desa Wisata Taro sebagai Eco-Village dengan Pendekatan Design Thinking

Mahardikarani, Theresa (2023) Strategi Bisnis Desa Wisata Taro sebagai Eco-Village dengan Pendekatan Design Thinking. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09111940000090-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
09111940000090-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only until 1 September 2025.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Objek Wisata Lembu Putih adalah salah satu dari banyaknya potensi kekayaan alam dan sejarah budaya yang dimiliki oleh Desa Taro. Desa Wisata Taro dapat menjadi salah satu pilihan destinasi untuk wisatawan domestik bahkan internasional yang berlibur ke Bali. Namun, Objek Wisata Lembu Putih belum memiliki strategi bisnis secara modern dan menyeluruh terkait konsep Eco-Village yang Desa Taro tekuni. Oleh karena itu, tujuan penelitian dari penelitian ini adalah mengidentifikasi aspek bisnis Objek Wisata Lembu Putih yang sudah ada (existing) dan merancang strategi bisnis dan merekomendasikan usulan perbaikan inovasi strategi bisnis untuk Objek Wisata Lembu Putih sebagai objek wisata Eco- Village. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang ditunjang dengan menggunakan pendekatan Design Thinking terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu Empathize dengan menggunakan in-depth interview dan menghasilkan Emphaty Map, Define yang menggunakan How Might We, Ideate yang merancang strategi bisnis, Prototype, Tahap Konfirmasi dan Validasi kepada narasumber terkait hasil prototype, dan diakhiri dengan Tahap Perbaikan pada prototype sebagai finalisasi dalam penelitian ini. Pengumpulan informasi dilakukan melalui In-depth Interview dengan menggunakan metode Design Thinking. In-depth Interview dilakukan kepada narasumber yang dibagi ke dalam 2 (dua) jenis, yaitu user dan non-user. Berdasarkan proses Design Thinking tersebut, dirumuskan strategi bisnis yang dibutuhkan oleh Objek Wisata Lembu Putih. Penelitian ini menghasilkan 4 (empat) rancangan Program Wisata yang terdiri dari Ngiring Melukat, Umah Kenak, Kolaborasi Event dengan Bali Spirit Festival, dan Nyakan Ajengan. Lalu, penelitian ini juga menghasilkan usulan mengenai Program Kerjasama Wisata yang terdiri dari program kerjasama dengan Travel Agency, Hotel & Vila, dan Mason Elephant Park Bali. Program yang diusulkan bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Objek Wisata Lembu Putih. Strategi Bisnis berupa Program Wisata dan Program Kerjasama Wisata diperuntukkan kepada Objek Wisata Lembu Putih dengan berbentuk Guideline Book Program Wisata
======================================================================================================================================
Lembu Putih Tourism Object is one of Taro Village's potential natural wealth and cultural history. Taro Tourism Village is an ideal destination for both domestic and international tourists visiting Bali. Moreover, the Lembu Putih Tourism Object lacks a current and through business strategy associated to Taro Village's Eco-Village concept. As a result, the research goal of this research is to identify existing business features of the Lembu Putih Tourism Object, establish a business strategy, and propose recommendations for improving business strategy innovations for the Lembu Putih Tourism Object as an Eco-Village tourist attraction. The descriptive qualitative research design used in this study is implemented by the Design Thinking approach, which consists of four (four) stages, Empathize through in-depth interviews and producing an Empathy Map, Define using How Might We, Ideate which designs business strategies, Prototype, Confirmation and Validation Stages to informants related to prototype results, and finally the Improvement Stage on prototypes as finalization in this study. The Design Thinking method was used to collect information through in-depth interviews. In-depth interviews were done with informants who were classified into two categories, users and non-users. Based on the Design Thinking process, a business strategy is formulated that is needed by the Lembu Putih Tourism Object. This research resulted in 4 (four) Tourism Program designs consisting of Ngiring Melukat, Umah Kenak, Event Collaboration with Bali Spirit Festival, and Nyakan Ajengan. Then, this research also resulted in suggestions regarding the Tourism Cooperation Program which consisted of cooperation programs with Travel Agencies, Hotels & Villas, and Mason Elephant Park Bali. The proposed program aims to expand market reach and increase the number of tourist visits to the White Lembu Tourism Object. The Business Strategy in the form of Tourism Programs and Tourism Cooperation Programs is intended for Lembu Putih Tourism Objects in the form of a Tourism Program Guideline Book

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Design Thinking, Objek Wisata Lembu Putih Taro, Desa Wisata Taro, Eco-Village
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Theresa Mahardikarani
Date Deposited: 07 Aug 2023 01:19
Last Modified: 07 Aug 2023 01:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103944

Actions (login required)

View Item View Item