Desain dan Pembuatan Alat Uji Kumparan Magnetisasi Longitudinal untuk Memeriksa Retak Melintang pada Poros Propeller Kapal

Muhammad, Decky Maulana (2023) Desain dan Pembuatan Alat Uji Kumparan Magnetisasi Longitudinal untuk Memeriksa Retak Melintang pada Poros Propeller Kapal. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000069_Undergradute_Thesis.pdf] Text
04111940000069_Undergradute_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Poros propeller merupakan suatu komponen kapal yang berfungsi untuk memindahkan daya dari mesin ke propeller menjadi gaya dorong sehingga kapal tersebut dapat bergerak. Pada umumnya ditemukan keretakan pada poros propeller kapal sehingga hal ini dapat menganggu kinerja dari suatu kapal dan dapat menyebabkan kecelakaan kapal. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara untuk mempermudah perawatan dan pemeriksaan poros propeller kapal. Penelitian ini dibuat agar dapat membantu para teknisi maupun inspektor dalam menemukan keretakan melintang pada poros propeller kapal. Kumparan uji yang digunakan pada penelitian ini adalah kumparan terbuka, dengan diameter ukuran 300 mm dan 500 mm, dan menggunakan tiga dan lima lilitan. Kemudian trafo yang digunakan mengaliri arus listrik sebanyak 600, 800, dan 1000 ampere. Dengan membandingkan hasil yang didapatkan pada ke empat kumparan uji yang berbeda, dapat disimpulkan kumparan berdiameter 500 mm dengan lilitan sebanyak tiga dan lima lilitan dapat mendeteksi sampai dengan 900 mm pada 600 sampai dengan 1000 ampere, dan pada kumparan berdiameter 300 mm dengan lima lilitan dapat mendeteksi pada jarak 900 mm ketika diberikan arus 1000 ampere.
================================================================================================================================
The propeller shaft is a ship component that functions to transfer power from the engine to the propeller into thrust so that the ship can move. In general, cracks are found in the propeller shaft of the ship so that this can disrupt the performance of a ship and can cause ship accidents. Therefore, a way is needed to facilitate the maintenance and inspection of the ship's propeller shaft. This research was made in order to help technicians and inspectors find transverse cracks in the ship's propeller shaft. The test coils used in this study are open coils, with diameters of 300 mm and 500 mm, and using three and five windings. Then the transformer used flows electric current as much as 600, 800, and 1000 amperes. By comparing the results obtained on the four different test coils, it can be concluded that the 500 mm diameter coil with three and five turns can detect up to 900 mm at 600 to 1000 amperes, and the 300 mm diameter coil with five turns can detect at a distance of 900 mm when given a current of 1000 amperes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Poros Propeller, Kumparan uji, Magnet.
Subjects: V Naval Science > VC Naval Maintenance > VC 270-279 Equipment of vessels, supplier,allowances,etc
V Naval Science > VC Naval Maintenance
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Decky Maulana Muhammad
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:28
Last Modified: 08 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103981

Actions (login required)

View Item View Item