Rancang Bangun Mobile System pada Perangkat Monitoring Gas di Kandang Closed House Ayam

Syarif, Muhammad Fawwaz (2023) Rancang Bangun Mobile System pada Perangkat Monitoring Gas di Kandang Closed House Ayam. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10511910000044-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10511910000044-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peternakan Ayam Dekem Tengah Sawah telah memiliki sebuah Sistem monitoring gas berbahaya yang merupakan hasil dari penelitian pada Tugas Akhir tahun 2022. Namun kelemahan pada alat ini adalah alat tersebut hanya melakukan pengukuran pada satu titik, sementara kandang ayam yang diukur memiliki luas 120 m × 10 m Sehingga pengukuran yang dilakukan dirasa kurang valid. Oleh karena itu tugas akhir yang akan dibuat ini akan mengembangkan sistem monitoring gas berbahaya ini dengan mobile atau secara bergerak. Untuk penelitian ini, pengembangan yang akan diterapkan pada sistem monitoring ini adalah dengan menggunakan teknologi Linear Guide Actuator (LGA) sebagai mobilisasi sensor-sensor dan gas berbahaya. Metodologi yang digunakan adalah studi literatur, perancangan sistem, pembuatan sistem, pengujian sistem, dan pembuatan laporan. Sistem ini nantinya akan menggerakkan Linear Guide Actuator secara forward dan reverse. Supaya dapat berhenti pada titik yang ditentukan, Program pada PLC diberi timer saat berjalan dan timer saat berhenti. Dalam menguji performa alat ini, dilakukan beberapa pengujian seperti pengujian RPM pada beberapa variasi tegangan, respon dinamik LGA, dan pengujian timer dengan stopwatch. Selain itu dilakukan juga perbandingan harga antara mobile system ini dengan sistem sensor gas yang dipasang dalam beberapa titik. Pada pengujian RPM, didapatkan hasil pada tegangan 2,2 V menghasilkan rata-rata putaran sebesar 45,955 RPM sehingga tegangan ini yang digunakan karena cocok dengan perhitungan kecepatan putaran. Pada respon dinamik, Waktu yang dibutuhkan dalam sekali jalan adalah 1,8 detik dan waktu yang dibutuhkan dalam sekali berhenti adalah 5 detik. Proses tersebut akan terus berulang hingga selesai. Dalam sekali proses, waktu yang dibutuhkan adalah 4 menit 40 detik. Pada pengujian waktu berjalan selama 1,8 detik didapatkan hasil rata-rata akurasi sebesar 96,119 % dan pada pengujian waktu berhenti selama 5 detik didapatkan hasil rata-rata akurasi sebesar 98,85 %. Untuk perbandingan harga, mobile system memiliki biaya yang lebih murah daripada sistem sensor gas yang dipasang pada beberapa titik sebesar Rp.5.925.000,- dan dengan memasang mobile system ini, Peternakan Ayam Dekem Tengah Sawah dapat menghemat biaya hingga 50,29%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Linear Guide Actuator, Timer, Mobile , Tegangan, PLC Linear Guide Actuator, Timer, Mobile, Voltage, PLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ223.P76 Programmable controllers
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7878 Electronic instruments
Divisions: Faculty of Vocational > Instrumentation Engineering
Depositing User: Muhammad Fawwaz Syarif
Date Deposited: 08 Aug 2023 14:06
Last Modified: 08 Aug 2023 14:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104163

Actions (login required)

View Item View Item