Perancangan Sepatu Probe Gelombang Permukaan pada Pengujian Ultrasonik dengan Studi Kasus Retak terhadap Poros Propeller

'Ula, Adilia Elok Makrifatul (2023) Perancangan Sepatu Probe Gelombang Permukaan pada Pengujian Ultrasonik dengan Studi Kasus Retak terhadap Poros Propeller. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000009-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111940000009-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Retak pada kapal sering terjadi karena adanya kesalahan pada proses pengelasan maupun akibat beban yang terpusat dengan intensitas tinggi. Saat retak tidak terdeteksi dengan jelas akan mengakibatkan material mengalami kepatahan dan dapat menimbulkan kerugian. Salah satu metode Nondestructive Testing yang digunakan untuk mendeteksi retak yaitu Ultrasonic Testing (UT). Di dalam tugas akhir ini akan dilakukan modifikasi wedges untuk mengetahui cara mendapatkan gelombang permukaan yang digunakan sebagai pendeteksi letak retak permukaan dengan memakai probe sudut 45o, 60o, 70o dan frekuensi 2 & 4 MHz. Sepatu probe yang terbuat dari plexiglass dimodifikasi dengan cara menghitung sudut datang kemudian menentukan panjang dan tinggi masing-masing wedges tersebut. Pengujian ultrasonik ini dilakukan untuk membandingkan besar panjang retak hasil pemeriksaan dengan panjang retak aktual pada material uji baja karbon dan alumunium. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa modifikasi wedges pada probe besar dan kecil sudut 60o dan 70o tidak dapat digunakan karena modifikasi wedges terlalu kecil sehingga tidak dapat menghasilkan gelombang suara pada wedges tersebut. Modifikasi wedges pada probe besar dan kecil sudut 45o dapat digunakan untuk semua bahan uji material pada penelitian ini. Wedges kecil untuk sudut 45o lebih akurat dibandingkan dengan wedges ukuran besar. Perbandingan rata-rata error untuk material baja karbon adalah 13% untuk wedges kecil dan 22,3% untuk wedges besar sedangkan untuk material alumunium sebesar 27,5% pada wedges kecil dan 75% untuk wedges besar. Ketelitian probe kecil lebih tinggi karena lebar gelombang suara (beam spread) lebih besar dibandingkan dengan probe besar. Selain itu ketelitian sangat dipengaruhi oleh kondisi kekasaran permukaan dan tebal cat pada permukaan benda uji.
===============================================================================================================================
Cracks on ships often occur due to errors in the welding process or due to concentrated loads with high intensity. When a crack is not clearly detected, it will cause the material to break and can cause losses. One of the nondestructive testing methods used to detect cracks is ultrasonic testing (UT). In this final project, we will modify wedges to find out how to get surface waves which are used as surface crack location detectors using angle probes of 45o, 60o, 70o and frequencies of 2 & 4 MHz. The transducer shoes made of plexiglass are modified by calculating the angle of incidence and then determining the length and height of each of the wedges. This ultrasonic test was carried out to compare the length of the cracks on the inspection results with the actual crack lengths on the carbon steel and alumunium test materials. The result of the study explain that modified transducer shoes on large and small probes at angels of 60o and 70o cannot be used because the modified wedges are too small so they cannot produce sound waves on these wedges. Modification of the wedges on the large and small probes with an angle of 45o can be used for all materials tested in this study. Small wedges for 45o angles are more accurate than large wedges. The average error ratio for carbon steel material is 13% for small wedges and 22,3% for large wedges while for alumunium material it is 27,55% for small wedges and 75% for large wedges. The accuracy of small probes is higher because the width of the sound waves (beam spread) is greater than that of large probes. In addiction, the accuracy is greatly influenced by the condition of surface roughness and the thickness of the paint on the surface of the test object.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: probe, retak, sudut, wedges, crack, angel
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Adilia Elok Makrifatul ‘Ula
Date Deposited: 06 Sep 2023 08:30
Last Modified: 06 Sep 2023 08:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104201

Actions (login required)

View Item View Item