Analisis Risiko Biaya Terhadap Kelanjutan Pembangunan Kapal Yang Lama Dihentikan

Ramadhan, Raihan Nur (2023) Analisis Risiko Biaya Terhadap Kelanjutan Pembangunan Kapal Yang Lama Dihentikan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000054-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111940000054-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembangunan kapal merupakan kegiatan yang kompleks dan penuh risiko yang dapat menyebabkan kegagalan. Seringkali, terdapat kasus di mana pembangunan kapal mengalami hambatan dan tidak dapat dilanjutkan dalam waktu yang lama. Ketika kapal yang telah lama terbengkalai ingin dilanjutkan pembangunannya, berbagai risiko muncul yang berpotensi mempengaruhi biaya pelanjutan proses pembangunan tersebut. Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pembangunan, pemilik kapal harus mempertimbangkan dengan cermat risiko biaya yang terkait dengan kelanjutan proyek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko-risiko yang terkait dengan kelanjutan pembangunan kapal yang terhenti, dengan fokus pada kapal tugboat 2 x 1800 HP yang mengalami pemberhentian selama 1,5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data dari pembangunan kapal yang terhenti serta penilaian risiko dengan menggunakan hasil kuesioner yang didapatkan dari beberapa stakeholder dalam proses pembangunan kapal. Hasil penelitian menunjukkan adanya risiko teknis yang terkait dengan 13 tahapan produksi lanjutan dari kapal tersebut. Selanjutnya, penelitian ini juga mengevaluasi skenario kelanjutan pembangunan kapal dengan pihak pemilik yang sama, yang akan menyewa fasilitas galangan menggunakan skema permodalan 80% pinjaman bank dan 20% modal pemilik. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan indikator kelayakan investasi, yaitu Internal Rate of Return (IRR) sebesar 18.53%, Net Present Value (NPV) sebesar Rp 49,149,856,975.28, dan Payback Period (PBP) selama 12 tahun. Skenario tersebut menunjukkan risiko biaya yang paling rendah dibandingkan dengan skenario lainnya. Namun, terdapat risiko dengan kategori sedang dan tinggi yang perlu dikelola dengan langkah mitigasi yang tepat guna mengurangi kemungkinan terjadinya risiko dan konsekuensinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pemangku kepentingan dalam pembangunan kapal yang terhenti, khususnya pemilik kapal, dalam menghadapi risiko-risiko yang mungkin muncul dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan dampak negatifnya pada biaya pelanjutan pembangunan kapal
===================================================================================================================================
The shipbuilding process is a complex and risk-laden endeavor that can lead to failure. Frequently, there are cases where ship construction faces obstacles and cannot be continued for extended periods. When resuming the construction of long-delayed ships, various risks emerge that have many potentials to impact the cost of continuation. Therefore, shipowners must carefully consider the cost risks associated with project resumption before deciding to proceed with construction. This research aims to identify the risks associated with the continuation of halted shipbuilding, focusing on a 2 x 1800 HP tugboat that experienced a 1.5-year delay. This research method involves collecting data from stalled ship construction and risk assessment using the results of questionnaires obtained from several stakeholders in the ship-building process. The findings of this study reveal technical and economic risks associated with 13 stages of advanced production for the mentioned ship. This research evaluates a scenario for continuing ship construction with the same owner, who would lease shipyard facilities using an 80% bank loan and 20% owner's equity. The evaluation employs investment viability indicators, including an 18.53% Internal Rate of Return (IRR), an NPV of Rp 49,149,856,975.28, and a Payback Period (PBP) of 12 years. This scenario demonstrates the lowest cost risks compared to others. However, there high and moderate risks must be managed through appropriate mitigation measures to reduce the likelihood and consequences of these risks. The research results are expected to provide insights to shipbuilding stakeholders, particularly shipowners, in dealing with potential risks that may arise when resuming halted ship construction. It also offers guidance to minimize the negative impact on the cost of continuing shipbuilding projects.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Investasi, Pembangunan Kapal, Perkiraan Biaya; Risiko, Cost Estimation, Investment Feasibility, Ship Building, Risk
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM 464 Towboats. Tugboats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Raihan Nur Ramadhan
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:58
Last Modified: 18 Aug 2023 03:58
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104220

Actions (login required)

View Item View Item