Penerapan Dan Analisis Sosial Media Marketing Menggunakan Instaram Pada Chatbot Mecca Berdasarkan Model Aida

Rihlatunnajah, Nurma (2023) Penerapan Dan Analisis Sosial Media Marketing Menggunakan Instaram Pada Chatbot Mecca Berdasarkan Model Aida. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopembe.

[thumbnail of 05211840000146-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211840000146-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media sosial sangat membantu dan bermanfaat karena dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan tanpa harus bertemu dan mendapat feedback bahkan pelanggan juga dapat menyebarkan informasi yang mereka dapat dari penjual. Media sosial Instagram lebih mudah dimengerti oleh banyak orang pada berbagai usia karena Instagram memberikan pelayanan utamanya melalui gambar dan video sehingga orang dapat dengan mudah untuk melihat iklan atau brosur yang dibagikan melalui media sosial Instagram. Pemasaran digital ini sangat membantu bagi orang yang baru memulai usahanya untuk memasarkan produk- produknya. Sudah banyak perusahaan yang memasarkan produknya melalui Instagram sebagai yang ada pada Instagram. Namun, sejauh ini produk chatbot Mecca masih mengembangkan branding secara manual seperti menawarkan produknya dengan mendatangi konsumen secara satu-persatu. Hal ini tidak cukup menjanjikan dan kurang efektif karen ajumlah pengguna tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) merupakan model yang cukup sederhana dan dapat digunakan sebagai pendoman guna memperoleh konsumen atau pelanggan dalam produknya. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah descriptive research yang mana mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan. Luaran dari penelitian ini adalah pembuatan konten social media marketing dengan Instagram yang dapat menjadi tools bagi MeccaBot untuk melakukan pemasaran secara luas dan mewujudkan aspek-aspek pada tahapan media promosi
=====================================================================================================================================
The use of social media is very helpful and useful because you can communicate directly with customers without having to meet and get feedback, even customers can share the information they get from sellers. Instagram social media is easier for many people to understand at various ages because Instagram provides its main services through pictures and videos so that people can easily see advertisements or flyers distributed through Instagram social media. Digital marketing is very helpful for people who are just starting their business to market their products. There are already many companies that market their products through Instagram as on Instagram. However, so far Mecca's chatbot products are still developing branding manually such as offering their products by visiting consumers one by one. This is not promising enough and less effective because the number of users does not experience a significant increase. The AIDA model (Attention, Interest, Desire, Action) is a fairly simple model and can be used as a guide to get consumers or customers in their products. The type of research in this study is descriptive research which determines the value of the independent variable, either one variable or more (independent) without making comparisons. The output of this research is the creation of social media marketing content with Instagram which can be a tool for MeccaBot to carry out extensive marketing and realize aspects of the media promotion stage

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Model AIDA, Tahapan Media Marketing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nurma Rihlatunnajah
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:35
Last Modified: 22 Aug 2023 08:35
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104222

Actions (login required)

View Item View Item