Munazid, Ali (2010) Studi Parametric Hullform Design Dalam Kaitan Dengan Karakteristik Seakeeping Dan Tahanan Kapal. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
4108201004-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (12MB) |
Abstract
Beroperasinya supply vessel di air laut, supply vessel akan berinteraksi dengan air laut. Interaksi supplly vessel di air laut pada gerak maju akan menimbulkan gerakan air menahan gerak maju kapal (tahanan kapal), sedangkan interaksi yang lain adalah gerakan pada enam derajat kebebasan yaitu : tiga gerak translasi (surging, swaying, heaving) dan tiga gerak rotasi (rolling, pitching, yawing).
Dengan menganalisa tahanan dan olah gerak serta mengidentifikasi parameter bentuk beberapa supply vessel yang ada. Selanjutnya dikembangkan model artificial neural network, model regresi dan model spline. Dari pengembangan model artificial neural network, model regresi dan model spline, untuk model koefisien tahanan model spline kuadratik lebih baik dan sederhana. Sedangkan untuk olah gerak (seakeeping), model artificial neural network lebih baik, ada sedikit kelemahan dari model tersebut dimana model artificial neural network terdiri dari matrik bobot dan topologi, maka tidak bisa mengeluarkan persamaan seperti model matematik yang lain. Untuk olah gerak model cubic spline lebih baik daripada model regresi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTKe 623.812 Mun s 2010 |
Uncontrolled Keywords: | Parametric, hullform design, seakeeping, tahanan kapal |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 08:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 08:26 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/104292 |
Actions (login required)
View Item |