Perumusan Strategi Perusahaan Terminal Warehouse Cargo PT. ABP Menggunakan Metode AHP Dan QSPM Di Bandara Halim Perdana Kusuma

Shani, Mercya Salsabillah (2023) Perumusan Strategi Perusahaan Terminal Warehouse Cargo PT. ABP Menggunakan Metode AHP Dan QSPM Di Bandara Halim Perdana Kusuma. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6032212024-Master_Thesis.pdf] Text
6032212024-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri pergudangan merupakan salah satu tulang punggung dalam operasi logistik yang melibatkan beberapa kegiatan yaitu penyimpanan, penerimaan, pengambilan dan pengiriman barang atau cargo. Masalah umum pergudangan adalah kondisi fluktuatif atau permintaan yang tidak menentu, persyaratan dan biaya tenaga kerja yang bervariasi, dan informasi inventaris yang tidak akurat, semuanya membutuhkan solusi sistemik yang kuat untuk membuat manajer tetap mengetahui perubahan dan menyadari kesenjangan yang memerlukan perhatian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan data wawancara dan kuisioner yang diolah menjadi data angka dengan menggunakan variabel kondisi internal dan eksternal perusahaan. Metode yang digunakan yaitu metode AHP dan QSPM, dengan AHP berfungsi sebagai pembobotan dari kriteria yang menentukan ranking kriteria secara hirarki, dan Metode QSPM berfungsi untuk evaluasi strategi dari ranking kriteria dari faktor kunci yang dihasilkan metode AHP berdasarkan faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil dari penelitian ini didapatkan alternatif strategi 2 yaitu memanfaatkan teknologi sensor (RFID) untuk melacak secara akurat dan otomatis setiap kemasan atau kargo yang bergerak dengan nilai TAS sebesar 5,947. Lalu urutan kedua adalah alternatif memperkuat hubungan dengan asosiasi penerbangan dan pemerintah untuk mengatasi regulasi yang tidak menguntungkan alternative strategi 7. Dengan nilai TAS sebesr 5,1875 dengan nilai TAS sebesar 5,332 dan yang terakhir strategi 3 yaitu strategi pemantauan atau audit pelaporan keuangan secara berkala. Hasil formulasi strategi teratas ini mampu di aplikasikan pada perusahaan sebagai upaya menanggapi permasalahan utama yang muncul diantaranya terkait ketepatan penanganan cargo yang belum optimal dan juga revenue perusahaan yang sedang turun akibat fluktuasi permintaan pasar.
=================================================================================================================================
The warehousing industry is one of the backbones of logistics operations, involving several activities such as storage, receipt, collection, and delivery of goods or cargo. Common warehousing problems include fluctuating conditions or uncertain demand, varying labor requirements and costs, and inaccurate inventory information. All of these issues require a robust systems solution to keep managers informed of changes and aware of areas that need attention.This study utilizes qualitative and quantitative research, employing data interviews and questionnaires that are processed into numerical data using internal and external condition variables of the company. The methods used are the AHP and QSPM methods, with AHP serving as the weighting of criteria to determine ranking criteria hierarchically, and the QSPM method serving for strategic evaluation of the ranking criteria from it’s key factor produced by the AHP method based on the company's internal and external factors. The results of this study obtained an alternative strategy 2, namely utilizing sensor technology (RFID) to track accurately and automatically every moving package or cargo with a TAS value of 5.947. Then the second order is an alternative to strengthening relations with aviation associations and the government to overcome unfavorable regulations alternative strategy 7. With a TAS value of 5.1875 with a TAS value of 5.332 and finally strategy 3, namely a strategy of monitoring or auditing financial reporting periodically.The results of this top strategy formulation can be applied to companies as an effort to respond to the main problems that arise, including those related to the accuracy of cargo handling that is not yet optimal and also the company's revenue which is falling due to fluctuations in market demand.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Industri pergudangan, Warehouse industry, Cargo, AHP, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.23 Decision making. Business requirements analysis.
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Mercya Salsabillah Shani
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:45
Last Modified: 09 Aug 2023 05:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104475

Actions (login required)

View Item View Item