Kajian Perhitungan Proses Assembly Lampu LED Otomatis Dibantu Dengan Jig And Fixture

Setiawan, Syahadilla Tavana (2023) Kajian Perhitungan Proses Assembly Lampu LED Otomatis Dibantu Dengan Jig And Fixture. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 10211810000045-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
10211810000045-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jig and Fixture adalah alat yang digunakan untuk memposisikan dan mendukung benda kerja untuk memastikan bahwa benda kerja dikerjakan dengan spesifikasi yang tepat, dan dapat disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan khusus dari operasi pemesinan dan proses manufaktur lainnya. Dalam perancangan Jig and Fixture, pengaruh efektifitas lini produksi assembly yang baru digunakan sebagai mesin produksi Lampu LED Bulb dengan target 2500pcs/jam. Adanya enam jenis watt lampu yang tersedia tetapi hanya tiga jenis lampu yang digunakan untuk hasil produksi. Tetapi yang digunakan produksi otomatisasi mesin hanya dua jenis saja. Dengan dua jig tetapi untuk saat ini lini produksi assembly hanya menggunakan satu jig satu jenis watt lampu saja. Ini membuat hasil produk lini produksi belum sesuai dengan target yang diinginkan. Sehingga membuat kondisi jig and fixture ini perlu adanya perhatian khusus dengan manufakturnya agar sesuai dengan kebutuhan produksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh hasil produk sesuai target yang diinginkan dengan jig and fixture yang seharusnya dapat membantu jalannya lini produksi dengan cepat agar bagian-bagian mesin assembly pun terbantu dan berjalan sesuai dengan kinerjanya masing-masing. Penelitian ini disimulasikan secara tiga dimensi dengan menggunakan Kinematika dan Dinamika dan software Autodesk Inventor 2017. Parameter yang digunakan antara lain: kinematika dan dinamika, dan waktu pada mesin. Dimulai dengan melakukan parameter jig and fixture dengan kriteria yang mudah dioperasikan, kinematika dan dinamika untuk melihat kecepatan dan tekanan pada bagian-bagian mesin termasuk pada consumble part pada mesin assembly. Selanjutnya, simulasi bagian-bagian mesin assembly dan consumble part dengan mengambil data pada dimensi benda kerja. Dari serangkaian tahapan berikut, rancang bangun manufaktur jig and fixture consumble part pada lini produksi mesin assembly. Hasil yang didapat dalam penelitian ini dengan melakukan perhitungan proses assembly lampu LED Otomatis dibantu dengan jig and fixture yang terkait dengan waktu dan hasil produksi 2500pcs/jam yang belum sesuai dengan target yang diinginkan kemudian mengambil data dimensi pada consumble part lini produksi assembly.
===============================================================================================================================
Jigs and fixtures are tools used to position and support workpieces to ensure that they are machined to exact specifications, and can be adapted to suit the specific needs of machining operations and other manufacturing processes. In the design of Jig and Fixture, the influence of the effectiveness of the new assembly production line is used as a production machine for LED Bulb lamps with a target of 2500 pcs/hour. There are six types of lamp watts available but only three types of lamps are used for production. However, only two types of machine automation are used. With two jigs but for now the assembly production line only uses one jig for one type of lamp wattage. This makes the results of production line products not in accordance with the desired target. So that the condition of the jigs and fixtures requires special attention from the manufacturer to suit production needs. The purpose of this research is to obtain product results according to the desired target with jigs and fixtures that should be able to help the production line run quickly so that the assembly machine parts are helped and run according to their respective performance. This research is simulated in three dimensions using Kinematics and Dynamics and Autodesk Inventor 2017 software. The parameters used include: kinematics and dynamics, and time on the machine. It starts with measuring jig and fixture parameters with easy-to-operate criteria, kinematics and dynamics to see the speed and pressure on machine parts including consumble parts on assembly machines. Furthermore, the simulation of machine parts assembly and consumble part by taking data on the dimensions of the workpiece. From the following series of stages, design and manufacture of jig and fixture consumble parts on the assembly machine production line. The results obtained in this study were by calculating the assembly process for Automatic LED lights assisted by jigs and fixtures related to time and production results 2500pcs/jam that were not in accordance with the desired target, then taking dimensional data on the consumble part of the assembly production line.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jig and Fixture, Consumble Part
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
T Technology > TS Manufactures > TS161 Materials management.
T Technology > TS Manufactures > TS171 Product design
Divisions: Faculty of Vocational > Mechanical Industrial Engineering
Depositing User: Syahadilla Tavana Setiawan
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:51
Last Modified: 05 Sep 2023 05:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104682

Actions (login required)

View Item View Item