Pengukuran Kinerja Implementasi Process Safety Management (PSM) Pada Unit Pengolahan PT XYZ Tahun 2021

Prastawa, Mikael Danur (2023) Pengukuran Kinerja Implementasi Process Safety Management (PSM) Pada Unit Pengolahan PT XYZ Tahun 2021. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411640000159-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02411640000159-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Unit Pengolahan VI, PT XYZ adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang produksi dan pengolahan minyak dan gas bumi dengan kategori risiko tinggi. Manajemen Keselematan Proses atau Process Safety Management (PSM) merupakan salah satu pendekatan untuk melakukan pengendalian risiko terhadap high hazard process. Kerangka kerja keselamatan proses, dan pengembangan indikator kinerja utama, diilustrasikan dalam Piramida Keselamatan Proses dan dibagi menjadi 4 tier. Tier 4 pada Piramida Keselamatan Proses menggambarkan upaya-upaya yang dilakukan dan dijalankan pada 14 elemen PSM di perusahaan. KPI Tier 4 umumnya adalah untuk mengukur kegiatan yang direncanakan dan tujuannya adalah mencapai penyelesaian 100%. Process Safety Capability Maturity Model (PSCMM) merupakan kerangka kerja yang menggambarkan implementasi kinerja dari process safety. PSCMM diukur dengan alat ukur Performance Assessment Score (PAS) yang mengukur kinerja PSM berdasarkan 4 dimensi Scope, Quality, Time, dan Team. Hasil dari pengukuran performance assesment akan menunjukkan hasil maturity kinerja process safety dengan tingkat scoring mulai dari level 5 Best In Class Performance, level 4 Continual Improvement Emphasized, level 3 untuk Stable Formal System Approach, level 2 Reactive Approach dan level 1 No Formal Approach. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pengukuran kinerja implementasi Process Safety Management (PSM) Pada Unit Pengolahan VI, PT XYZ Tahun 2021 memiliki nilai 8,925 yang termasuk dalam kategori maturity level 4 yaitu Continual Improvement Emphazied. Masing-masing elemen yaitu, Informasi Keselamatan Proses, Prosedur Operasi, elemen Keselamatan Kontraktor, Praktik Kerja Aman, Telaah Ulang Pra-Startup, Insiden Investigasi, Audit Kepatuhan, Tanggap Darurat, dan Partisipasi Pekerja termasuk dalam kategori maturity level 5 yaitu Best In Class Performance. Elemen Analisis Bahaya Proses, Manajemen Perubahan serta Keterpaduan Mekanik termasuk dalam kategori maturity level 4 yaitu continual improvement emphasized. Serta elemen Pelatihan termasuk dalam kategori maturity level 3 yaitu stable formal system approach.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PT XYZ, Unit Pengolahan VI, Process Safety Management, PSCMM, PAS, Scope, Quality, Time, Team
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial Safety
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mikael Danur Prastawa
Date Deposited: 22 Aug 2023 04:10
Last Modified: 22 Aug 2023 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104773

Actions (login required)

View Item View Item