Negara, Brian Putra (2014) Analisis Karakteristik Gerakan Dan Operabilitas Self Propelled Coal Barge (SPCB). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
4310100003_Undergraduate_Thesis.pdf Download (5MB) |
Abstract
SPCB merupakan fasilitas transportasi laut yang digunakan untuk mengangkut batubara. Skenario pengoperasian SPCB ditentukan untuk mengetahui karakteristik gerakan SPCB pada saat beroperasi di lingkungan laut. Pada penelitian ini akan mengkaji karakteristik gerakan untuk mengetahui operabilitas SPCB. Operabilitas adalah kemampuan untuk bekerja di suatu lingkungan laut tertentu, dengan membandingkan waktu mampu bekerja dengan total waktu berada dilokasi, atau dengan kata lain merupakan peluang diselesaikannya suatu pekerjaan dengan mempertimbangkan kriteria atau kondisi batas operasinya pada keganasan laut tertentu. Penelitian ini menyajikan metodologi berbasis frekuensi untuk menghitung perilaku gerak SPCB pada perairan Natuna dan perairan Dunia yang dikorelasikan dengan tinggi gelombang ekstrem di Laut Jawa. Berdasarkan analisis karakteristik gerakan SPCB akibat gelombang reguler didapatkan RAO (Response Amplitude Operator) untuk tiap gerakan heave, roll dan pitch, sedangkan analisis karakteristik gerak SPCB akibat gelombang acak dengan mengkorelasikan nilai RAO kuadrat dikalikan spektra gelombang maka akan didapatkan spektra respons gerak serta didapatkan harga statistik gerakan. Melihat karakteristik gerakan SPCB yang dikorelasikan dengan kriteria operasi SPCB, maka SPCB mampu beroperasi hingga tinggi gelombang signifikan 2 meter, untuk tinggi gelombang lebih dari 2 m SPCB tidak optimal dalam melakukan operasinya. Dalam analisis operabilitas SPCB pada perairan Dunia didapatkan presentase operable dari Self Propelled Coal Barge (SPCB) sebesar 56,75 % dan waktu tidak beroperasi (downtime) 43,25 %, Dalam waktu setahun (365 hari) jika SPCB dioperasikan secara menerus maka SPCB mampu beroperasi selama 207 hari. Sedangkan analisis operabilitas SPCB pada perairan Natuna didapatkan presentase operable dari Self Propelled Coal Barge (SPCB) sebesar 84,07 % dan waktu tidak beroperasi (downtime) 15,93 %. Dalam waktu setahun (365 hari) jika SPCB dioperasikan secara menerus maka SPCB mampu beroperasi selama 303 hari.
===================================================================================================================================
SPCB is facility of sea transportation that use to carry coal. Scenario operational Is definitely to know motion characteristics of SPCB when operate in sea environment. This research will investigate motion characteristics to know operability of SPCB. Operability is the ability to work in a certain sea environment, by comparing the working time to the total time at location, or in the other words is the probability to complete the work by considering the criteria or limiting conditions in a certain sea severity. The research presented frequency domain metodology to count motion behaviour of SPCB in Natuna sea and World sea that relate with extreme wave high in Java sea. Based on motion characteristics of SPCB analysis because regular wave get RAO (Response Amplitude Operate) for each heave, roll and pitch motion, whereas motion characteristics of SPCB analysis because iregular wave relate RAO square time with wave spectra so that will get motion spectra response and that will get motion statistic value. See motion characteristic of SPCB related with operatonal criteria of SPCB, so that SPCB can operate until significant wave high 2 meters, for significant wave high over 2 meters, SPCB doesn’t optimal for do the operation. In operability of SPCB analysis in world sea get presentage operable from SPCB at about 56,75 % and down time 43,25 %. In one year (365 days), if SPCB continuation operate so that SPCB can operate during 207 days. Meanwhile operability of SPCB analysis in Natuna sea get operable precentage from SPCB at about 84,07 % and down time 15,93 % in one year (365 days), if SPCB continuation operate so that SPCB can operate during 303 days.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSKe 623.829 Neg a-2014 |
Uncontrolled Keywords: | Self propelled coal barge (SPCB), Karakteristik gerakan, gelombang reguler, gelombang acak, operabilitas, motion characteristics, regular wave, iregular wave, operability |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM753 Propellers |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Marsudiyana - |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 02:58 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 02:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/104837 |
Actions (login required)
View Item |