Ramadhaniansyah, M. Teguh (2023) Perancangan Media Kampanye Gemarikan Untuk Anak Usia 6-12 Tahun. Other thesis, Intitut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
08311640000036-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (27MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia merupakan negara kemaritiman, dengan hal itu hasil pangan dari laut sangat melimpah. Namun tingkat konsumsi ikan di Indonesia tergolong tidak begitu bagus, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan masih tergolong rendah. Rendahnya tingkat konsumsi ikan memberikan dampak yang kurang baik bagi pertumbuhan anak. Tercatat pada tahun 2019 hasil data dari Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tercatat bahwa stunting terjadi sebanyak 24,4% dan underweight sebesar 17%. Dengan demikian menunjukkan masih perlunya penanganan berkala mengenai perbaikan gizi anak. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan gizi pada anak adalah dengan perbaikan pola makan, diantaranya dengan mengkonsumsi ikan. Karena kandungan gizi yang ada pada ikan sangat berman Dalam usia pertumbuhan terutama memasuki masa sekolah dasar, aktifitas anak sangat banyak sehingga memerlukan gizi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Maka dari itu dirancanganlah sebuah media kampanye gemarikan yang dikhususkan untuk anak usia 6-12 tahun. Perancangan kampanye ini diperuntukkan untuk anak usia 6-12 tahun agar timbul pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi ikan, dalam proses perancangan ini dilakukan dengan beberapa metode, yaitu observasi, depth interview, studi literature dan juga metode AISAS. Kampanye yang dirancang kali ini merupakan sebuah media kampanye, berupa animasi yang berisikan informasi pentingnya mengkonsumsi ikan bagi anak usia 6-12 Tahun. Diharapkan dari animasi ini dapat membuka wawasan anak dan dapat mengajak anak untuk lebih giat mengkonsumsi ikan.
=================================================================================================================================
Indonesia is a maritime country, with that the food products from the sea are very abundant. But the level of fish consumption in Indonesia is not so good, the lack of public awareness of the importance of consuming fish is still relatively low. The low level of fish consumption has an unfavorable impact on children's growth. In 2019, the results of data from the Indonesian Nutrition Status Study (SSGI) recorded that stunting occurred as much as 24.4% and underweight by 17%. Thus, it shows that there is still a need for periodic handling of improving child nutrition. One of the factors that can improve nutrition in children is by improving diet, including by consuming fish. In the age of growth, especially entering elementary school, children's activities are very much so that they need nutrition that can meet the daily nutritional needs of children. Therefore, a gemarikan media campaign is designed specifically for children aged 6-12 years. The design of this campaign is intended for children aged 6-12 years to arise knowledge about the importance of consuming fish, in this design process is carried out by several methods, namely observation, depth interview, literature study and also the AISAS method. The campaign designed this time is a media campaign, the media is animation that contains information on the importance of consuming fish for children age 6-12 years. It is hope that this animation can broaden children horizons dan encourage them to eat more fish.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stunting,underweight. kondisi kekurangan asupan gizi, berat badan dibawah rata-rata |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | M Teguh Ramadhaniansyah |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 03:58 |
Last Modified: | 31 Aug 2023 03:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/104849 |
Actions (login required)
View Item |