Analisis Pengaruh Variasi Jarak Horisontal Antara FSRU Dan LNGC Saat Side By Side Offloading Terhadap Perilaku Gerak Kapal Dan Gaya Tarik Coupling Line

Wibowo, Yuni Ari (2014) Analisis Pengaruh Variasi Jarak Horisontal Antara FSRU Dan LNGC Saat Side By Side Offloading Terhadap Perilaku Gerak Kapal Dan Gaya Tarik Coupling Line. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4310100703_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4310100703_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (8MB)

Abstract

Teknologi transfer LNG antara dua bangunan apung merupakan komponen yang cukup penting pada operasi FSRU. Sistem transfer LNG dengan menggunakan konfigurasi side by side menciptakan jarak horisontal antara lambung FSRU dan LNGC. Pada penelitian ini akan dikaji pengaruh variasi jarak horisontal terhadap perilaku gerak bangunan multibody dan terhadap gaya tarik tali tambatnya yang menghubungkan kedua lambung kapal. Variasi jarak horisontal yang dikaji mengacu pada kriteria operasi loading arm sebagai alat transfer LNG berdasarkan OCIMF, yaitu 2.5, 4, 6 dan 8.5 meter. Penelitian ini menyajikan metodologi berbasis frekuensi untuk menghitung perilaku gerak bangunan apung dan metodologi berbasis waktu untuk menghitung gaya tarik tali tambatnya. Berdasarkan analisis tersebut variasi jarak horisontal kurang memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku gerak bangunan apung yaitu memberikan beda sekitar 1% pada tiap penambahan jarak horisontalnya. Sedangkan pada gaya tarik tali tambat memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap intensitas gayanya sesuai dengan arah beban gelombang yang mengenai struktur apung. Arah beban gelombang perempat haluan maupun buritan meyebabkan naiknya nilai gaya tarik tali tambat terhadap pertambahan jarak horisontal yaitu sekitar 80 s.d. 90% pada gaya tarik signifikan spring linenya (tali 4)pada kondisi steady state, sebagai akibat dari pertambahan luasan bidang kapal yang terkena tekanan gelombang melalui celah yang terbentuk antara FSRU dan LNGC. Sedangkan arah beban gelombang sisi menyebabkan turunnya nilai gaya tarik tali tambat terhadap pertambahan jarak horisontal yang terbentuk yaitu sekitar 25 s.d. 75%, pada gaya tarik signifikan spring linenya (tali 7) pada kondisi steady state sebagai akibat dari bidang luasan LNGC terkena tekanan gelombang yang terdifraksi badan FSRU.
================================================================================================================================
The technology of LNG transfer between two floating vessels is a crucial component of FSRU operation. Side by side configuration of LNG transfer creates a gap (horizontal distance) between FSRU and LNGC body. This research has been carried out by investigating the influence of various horizontal distance between FSRU and LNGC towards it’s motion and coupling line tension. The horizontal distance based on operating criteria of loading arm issued by OCIMF : 2.5, 4, 6 and 8.5 meters. This paper will present a metodology of frequency domain to analyze multibody motion and time domain to analyze coupling line tension. Based on this research the variety of horizontal distance has no significant effect towards multibody motion by interval 1%. But it has significant effect towards the coupling line tension due to the heading of wave pressure working on it’s body. The obligue wave invents increasing the horizontal distance of length to the bigger load intensity of coupling line significant tension by interval 83 to 90% (line 4 of spring line) at steady state due to the increasing LNGC area impacted by wave pressure. And the beam wave influences decreasing of the horizontal distance towards the bigger load intensity of coupling line significant tension by interval 25 to 75% (line 7 of spring line) at steady state due to the wave diffraction impacted to LNGC area.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSKe 623.824 5 Wib a-2014
Uncontrolled Keywords: Side by side, perilaku gerak, gaya tarik tali tambat, Side by side, motion, coupling line tension
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9581.2.L573 Liquefied natural gas shipping terminals--Safety measures.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 23 Oct 2023 09:05
Last Modified: 23 Oct 2023 09:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104856

Actions (login required)

View Item View Item