Sistem Pendokumentasi Pencapaian Nilai Kumulatif Mata Kuliah Per Semester Untuk Rekomendasi Perbaikan Pembelajaran

Sari, Rezki Wulan Permata (2014) Sistem Pendokumentasi Pencapaian Nilai Kumulatif Mata Kuliah Per Semester Untuk Rekomendasi Perbaikan Pembelajaran. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5110100038_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
5110100038_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (2MB)

Abstract

Mutu pendidikan dibutuhkan untuk peningkatan kualitas generasi muda, terutama di bangku perkuliahan. Salah satu caranya yaitu dengan mengacu pada akreditasi. ABET(Accreditation Board for Eengineering and Technology ) adalah akreditasi bertaraf Internasional yang dapat menjamin kualitas lulusan pada dunia kerja. Pada ABET terdapat delapan kriteria penilaian, yaitu mahasiswa, tujuan pendidikan program, capaian mahasiswa, perbaikan berkelanjutan, kurikulum, pengajar, fasilitas, dan dukungan kelembagaan. Guna memenuhi point perbaikan berkelanjutan, perlu dilakukan dokumentasi hasil IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) mata kuliah tiap semester untuk mengetahui pencapaian nilai mata kuliah dari tahun ke tahun. Hal ini bertujuan untuk memantau pencapaian hasil pembelajaran mahasiswa.Setelah mengetahui hasil dokumentasi nilai mahasiswa tiap tahun, perlu diketahui juga mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian nilai kumulatif mata kuliah. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan melakukan penelitian kuantitatif dengan cara melakukan proses wawancara dalam bentuk kuisioner kepada semua mahasiswa yang mengambil suatu mata kuliah. Kuisioner berisi instrumen-instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian nilai mereka. Dari hasil kuisioner yang telah diolah, maka akan didapatkan nilai pengaruh terhadap nilai mata kuliah tiap semester menggunakan fuzzy quantification theory I. Setelah itu akan dihitung nilai skor yang merepresentasikan nilai yang didapatkan tiap instrumen. Dari nilai ini maka dapat dirokemdasikan hal-hal apa saja yang harus diperbaiki jurusan untuk meningkatkan faktor-faktor yang mempengaruhi nilai mahasiswa. Nilai-nilai yang terdapat pada nilai pengaruh dan skor memilik range antara 0-100.
====================================================================================================================================
The quality of education is needed to improve the quality of the younger generation, especially in the lecture bench. One way is by reference to accreditation. ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) is an international accreditation which can guarantee the quality of graduates at work. At ABET, there are eight criteria of judgement, namely students, program educational objectives, students achivement, continous improvement, curriculum, facilities, and institutional support. The GPA (Grade Point Average) of subject documentation is deeded to comply the point of continous improvement. It is used to determine the achivement of the course from year to year. It aims is to monitor the achievement of students learning outcomes. After knowing the value of documentation students each years, it needs to be known about the factors that affects the achievement of cummulative value of the course. One way to learn about the factors by doing quantitative research by conducting interviews process in the form of questionaires to all the students taking a course. Questionaires containing instruments that have been tested for validity and reliability related factors that affect their course achivement value. From the results of questionaires that has been processed, it will get the value of an influence on the value of the courses each semester by using Fuzzy Quantification Theory I. After that it will be counted the score which represent the value obtained for each instrument. From this value, it can be recommended what are the things that should be corrected mayors in order to improve the factors that affect the student grades. The values of influence and scores has a range between 0-100.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSIf 005.1 Sar s-2014
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Quantification Theory I, Mutu Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Perbaikan Berkelanjutan, Continous Improvement, Fuzzy Quantification Theory I, Quality Education, Quantitative Research.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.758 Software engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:13
Last Modified: 23 Oct 2023 08:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/104870

Actions (login required)

View Item View Item